UNTUK PNS: TAHUN DEPAN GAJI TAK NAIK

Assalamualaikum wr.wb.......selamat siang rekan-rekan guru dimanapun berada..........

Pemerintah memastikan tahun depan tidak ada kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) pada 2016. Kebijakan ini dinilai dapat memicu kelesuan ekonomi lokal.

Peneliti kebijakan publik LIPI, Syafuan Rozi, menyayangkan kebijakan ini karena kenaikan gaji pokok PNS justru jadi pemicu atau stimulus pertumbuhan perekonomian. Khususnya perekonomian di pedesaan yang mengandalkan belanja rutin abdi negara.

Syafuan mengatakan kebijakan tidak ada kenaikan gaji PNS, berpotensi menurunkan daya beli mereka. Padahal selama ini aktivitas ekonomi PNS menghidupkan perekonomian riil di sekelilingnya.

“Mulai dari belanja souvenir, kuliner, dan kebutuhan pokok lainnya,” kata dia di Jakarta, kemarin (17/8).

Sedangkan pemberian tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-14 bagi PNS, menurut dia tidak efektif memicu pertumbuhan ekonomi di daerah. Sebab pencairannya tidak rutin setiap bulan, tetapi terkonsentrasi menjelang lebaran. Menurutnya pertumbuhan ekonomi itu dipicu perputaran uang yang stabil dalam jumlah besar.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, kenaikan gaji tetap ada namun hanya untuk PNS yang naik pangkatnya. Sedangkan kenaikan gaji berkala setiap tahun, memang tidak ada lagi.

“Kami harap tidak berpengaruh kepada kinerja pelayanan publik,” tutur dia.
Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani, mengatakan pemerintah telah mengalokasikan uang Rp 6 triliun untuk pembayaran THR PNS instansi pusat tahun depan.

Sedangkan alokasi THR PNS daerah, dibebankan di APBD masing-masing. Menurut dia, pemberian THR lebih efektif dibanding kenaikan gaji.

Askolani berpendapat, biaya jangka menengahnya jadi lebih ringan dibandingkan dengan memberikan kenaikan gaji pokok. Sehingga pemerintah memutuskan tidak menaikkan gaji pokok PNS.

“Cuma dikasih tambahan THR. Jadi THR-nya dalam bentuk gaji pokok aparatur negara,” paparnya.
Terkait pencairan THR tersebut, Askolani menyebutkan dicairkan pada saat lebaran. Sementara gaji ke-13, diberikan pada saat musim anak sekolah pada bulan Juni atau Juli.

“Ini akan menggantikan kenaikan gaji pokok yang biasanya per bulan, ini sekali saja,”imbuhnya.
Sebelumnya, Askolani menuturkan peniadaan kenaikan gaji tahun depan dan digantikan oleh THR, karena alasan efisiensi. Selain itu, untuk menghindari risiko kekurangan dana di PT Taspen (Persero).

“Supaya lebih efisien dan tidak punya risiko unfunded atau Tunjangan Hari Tua (THT) sehingga jangka panjangnya lebih murah. Itu juga efektif membantu pendapataan riil PNS,” katanya.

(Sumber:  http://batampos.co.id)

Demikan berita dari saya,semoga bermanfaat untuk anda atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.........



Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani membenarkan jika tahun depan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal 'gajian' 14 kali dalam setahun (12 bulan). Pasalnya, setelah menerima gaji ke-13, mereka juga akan mendapatkan THR karena tidak ada kenaikan gaji pokok.

THR-nya sendiri, lanjut Askolani, akan diberikan sebanyak 1 bulan gaji pokok pekerja. Alasannya supaya lebih efisien.

"Enggak ada kenaikan gaji pokok tahun depan, tapi kita berikan THR satu bulan untuk PNS supaya lebih efisien dan enggak punya risiko unfunded (kekurangan dana di Taspen untuk menutupi pensiunnya PNS). Sehingga jangka panjangnya lebih murah. Itu efektif untuk membantu riil income-nya PNS," ujar Askolani di Jakarta, Jumat (14/8/2015)

Keefisienan ini, lanjut Askolani, merupakan pemikiran jangka panjang pemerintah untuk unfunded kepada Taspen agar tidak terjadi kekurangan dana Taspen PNS di hari pensiun.

"Iya, pokoknya kita sudah hitung, itu jangka panjang. Karena suka ada unfunded kepada taspen," katanya.

Meski demikian, pembayaran gaji ke-13 dan THR bisa dilakukan tidak bersamaan. Karena gaji ke-13 yang biasanya untuk dana pendidikan, ini lebih digunakan untuk menggantikan uang pensiun.

"Bisa beda nanti keluarnya, enggak bersamaan. THR pas Lebaran cairnya, gaji ke-13 pas anak sekolah. Itu bantu buat anak sekolah," tandasnya.

source: http://ekbis.sindonews.com/read/1033181/33/mulai-tahun-depan-pns-dipastikan-gajian-14-kali-1439560449

0 Response to "UNTUK PNS: TAHUN DEPAN GAJI TAK NAIK"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.