KALAH DARI BURUH, GAJI PNS DIUSULKAN NAIK

Assalamualaikum wr.wb....... selamat malam rekan-rekan guru dimanapun berada........

Selalu naiknya angka gaji buruh membuat sejumlah pengamat membandingkannya dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena gaji aparatur negara paling rendah masih di bawah nilai upah buruh swasta.
 
Guru besar sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Prof Candra Fajri Ananda, mengatakan, gaji PNS idealnya juga dinaikkan. Untuk PNS, saat ini pemerintah sedang melakukan pengkajian kenaikan gaji bagi PNS termasuk juga bagi pejabat negara.
 
“Gaji PNS memang idealnya segera dinaikkan karena selisihnya dengan gaji instansi swasta memang cukup tinggi,” ujarnya ketika menjadi pembicara di workshop anggaran yang digelar di kantor Gubernur Jawa Timur, Kamis (17/12).
 
Menurutnya, Beberapa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP), termasuk RPP gaji disiapkan. “Saya untuk ini juga diminta mengawal dari sisi Kementerian Keuangan jangan sampai gaji naik tapi duitnya tidak ada," kata Candra.
 
Bahkan kajian yang dia lakukan menunjukkan rata-rata gaji PNS lebih rendah 27 kali dibandingkan gaji swasta. "Gaji terendah PNS itu tidak sampai Rp 2 juta, padahal gaji buruh UMK itu sudah di atas Rp 3 juta," katanya.
 
Selain gaji PNS, gaji presiden dan pejabat tinggi negara juga dinaikkan. Menurutnya, Saat ini gaji presiden hanya sekitar Rp 40 juta dan menteri dikisaran Rp 19,6 juta. 
 
Jumlah ini dinilai sangat kecil jika dibandingkan dengan gaji OJK saja yang mencapai Rp 170-180 juta, Gubernur BI juga berada di kisaran itu. “Masak presidennya cuma itu," tegas Candra.
 
Sementara di Pemprov Jawa Timur masih banyak pegawai yang gajinya di bawah Upah Minimum Kabupaten/kota (UMK). Seperti pegawai tidak tetap (PTT) Pemprov Jatim. Padahal jumlah PTT di Pemprov Jatim mencapai angka ribuan.
 
Dari data di lingkungan Pemprov Jatim menyebut, jumlah PTT tahun 2011 sebanyak 5.108 orang, tahun 2012 sebanyak 5.959 PTT dan pada 2014 menjadi sebanyak 7.275 pegawai dan tahun 2015 dperkirakan tak jauh dari angka itu.
 
Tujuh ribu lebih PTT  itu tersebar di 49 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) milik Pemprov Jatim. Jumlah PTT paling besar  ada di RSUD Dr Soetomo Surabaya. PTT di rumah sakit plat merah ini mencapai angka 1.695 orang pada 2014.
 
PTT terbanyak kedua ada di RSUD Syaiful Anwar Malang sebanyak 1.000 orang, kemudian di 14 UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jatim sebanyak 633 orang, lalu di RSU Haji sebanyak 324 RSUD Soedono Madiun 310 orang.
 
Sedang PTT yang ada di Dinas PU Pengairan 292 orang, lalu di Dinas Sosial Provinsi Jatim 226, Dinas Pendidikan Provinsi Jatim 204 orang, dan Dinas Perhubungan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) 190 orang. Jumlah PTT yang juga menggelembung ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 128 orang. 
 
Banyaknya jumlah PTT ini diakui sebagai upaya menutup kekurangan SDM di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Namun informasi yang dihimpun, tak banyak di antara PTT itu yang gajinya sudah sesuai UMK. Semisal Dinas Kominfo Jatim, PTT di sana masih mempunyai gaji Rp 2,2 juta.


Demikian berita dari saya, semoga bermanfaat untuk anda atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih......

0 Response to "KALAH DARI BURUH, GAJI PNS DIUSULKAN NAIK"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.