ANGGARAN KKP KEREK SEKTOR LAIN

Assalamualaikum wr.wb....... Selamat malam rekan-rekan guru dimanapun berada......

Anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2016, dinilai bisa mengerek sektor lain, seperti sektor industri pengolahan dan ketenagakerjaan. Dengan anggaran tersebut, KKP bisa melaksanakan tugasnya menegakkan larangan kejahatan pencurian ikan (IUU Fishing), membuat pasokan ikan melimpah sehingga menarik minat investasi industri pengolahan ikan, yang menyerap banyak tenaga kerja.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, anggaran KKP pada tahun depan mencapai Rp 13,8 triliun. Namun anggaran tersebut masih dinilai kecil dibandingkan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang mencapai Rp 31,5 triliun, dengan bobot tugas yang lebih besar.

“ Anggaran kami hanya sekitar 1/3 anggaran Kementerian Pertanian, tapi luas laut yang kami jaga sangat luas, seharusnya anggaran kami lima kalinya. Sebetulnya kalau (anggaran) kami dibesarkan, kami bisa mengerek sektor lain,” kata Susi dikantornya, Jakarta, Senin (7/12).

Menurut Susi, selain memiliki anggaran yang tidak seimbang dengan tugas yang harus diembannya, gaji yang diterima pegawai negeri sipil (PNS) KKP juga sama dengan PNS lainnya. Padahal, kata dia, para PNS KKP telah melakukan upaya keras untuk meningkatkan sektor kelautan dan perikanan, dengan hasil yang sudah dapat terlihat dari adanya peningkatan pertumbuhan di sektor ini.

Untuk itu dia akan mengusulkan ke Menteri Keuangan supaya bisa meningkatkan gaji para pegawai KKP, sesuai dengan usah akeras yang dilakukannya. “Pegawai KKP gajinya harus nik, nanti saya bilang ke Menteri Keuangan,” tukas dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menjelaskan, sub sektor perikanan turut berkontribusi pada pertumbuhan kelompok pertanian dan kehutanan menjadi 5,09% dibanding kuartal sebelumnya (Q to Q). Pada periode yang sama, kata dia, pertumbuhan sub sektor kehutanan mengalami perlambatan karena El Nino‎.

Dengan laju pertumbuhan cukup tinggi, subsektor perikanan dinilai memiliki potensi untuk berkembang pada kuartal selanjutnya. Oleh karenanya Suryamin mendukung diberikannya tambahan anggaran untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

"Perikanan mendorong pertumbuhan subsektor lainnya, yakni perikanan dan kehutanan, yang melambat karena El Nino," kata dia.
Susi menambahkan, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perikanan adalah produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya.‎ Produksi perikanan tangkap hingga triwulan III 2015 mencapai 4,72 juta ton atau naik 5,03% YoY. Sedangkan produksi perikanan budidaya mencapai 10,07 juta ton, atau naik 3,98% YoY.

"Di perikanan tangkap, yang meningkat adalah tongkol dan tuna. ‎Produksi tongkol hingga triwulan III 2015 meningkat sebesar 10,57% dibandingkan produksi periode sama pada tahun sebelumnya," tandas dia.


Demikian berita dari saya, semoga bermnfaat untuk anda atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.......

0 Response to "ANGGARAN KKP KEREK SEKTOR LAIN "

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.