STATUS PNS DAERAH BAKAL DIHAPUS

Assalamualaikum wr.wb...... Selamat siang rekan-rekan guru dimanapun berada........

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi mengatakan, peme­rintah akan menghapus status PNS daerah, sehingga yang ada nantinya hanya PNS nasional.

“(Presiden) meminta supaya status pegawai negeri ini berlaku nasional. Jadi tak ada lagi pega­wai negeri daerah,” ungkap Men­pan RB Yuddy Chrisnandi, di Jakarta Senin (4/1).

Konsep ini dinilai akan sangat membantu standar penilaian secara nasional. Selain itu, kon­sep ini juga akan berpengaruh terhadap penentuan gaji dan tunjangan PNS serta kenaikan jabatan.

Untuk mewujudkan rencana itu, landasan hukumnya tengah disiapkan. Yakni melalui Ranca­ngan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara, sebagai turunan dari undang-undang Aparatur Sipil Negara.

Yuddy menilai konsep ini akan sangat membantu standar penilaian secara nasional. Di mana juga akan berpengaruh terhadap penentuan gaji dan tunjangan pegawai serta kenaikan jabatan.

“Konsekuensinya itu sebagai pemersatu nasional. Terus ke­mudian penilaian. Kinerja itu orientasinya bukan prosedur lagi tetapi hasil. Jadi setiap promosi harus memperhatikan rekam jejak dan capaian dari setiap orang yang akan dipromosikan,” paparnya.

Selain itu, PNS juga tidak akan menetap di satu daerah. Ada peluang digeser dari satu daerah ke daerah lain, termasuk dari pusat. “Jadi dia pada jenjang tertentu, itu bisa mutasi ke ber­bagai wilayah,” tegas Yuddy.

Pemerintah akan menetapkan sertifikasi untuk segala jabatan. Agar jabatan yang diisi oleh orang yang sesuai dengan kemam­puannya.

“Untuk jabatan-jabatan apa pun di pusat atau daerah itu tidak boleh asal taruh, itu harus orang yang memiliki sertifikasi jabatan. Seperti di daerah misalnya orang guru agama menjadi kepala dinas pendidikan. Yang gitu-gitu itu nggak boleh. Jadi ke depan lem­baga-lembaga pemerintah itu harus menyelenggarakan sekolah atau kursus yang memberikan sertifikasi kedinasan,” jelasnya.


Demikian berita dari saya, semoga bermanfaat untuk nada tas perhatiannya saya ucapkan terimakasih......

0 Response to "STATUS PNS DAERAH BAKAL DIHAPUS"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.