SKRIPSI FISIKA LENGKAP PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Dalam era globalisasi ini, sumber daya manusia yangberkualitas akan menjadi tumpuan utama agar suatu bangsa dapat berkompetisi. Sehubungan dengan hal tersebut, pendidikan formal merupakan salah satu wahana dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan IPA (fisika) sebagai bahan dari pendidikan formal seharusnya ikut memberi kontribusi dalam sumber daya manusia yang berkualitas.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakangmasalah di atas. Peneliti mengemukakan beberapa permasalahan yang ada, diantaranya sebagai berikut :
1.      Faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal-soal fisika ?
2.      Apakah kemampuan menyelesaikan soal fisika berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar fisika?


C.    Batasan Masalah

Mengingat luasnya permasalahan yang ada dan banyaknya hal yang mempengaruhi serta keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti maka perlu adanya pembatasan masalah, sehubungan dengan latar belakang yang dikemukakan  di

D.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dikemukakan rumusan permasalahan sebagai berikut :
1.      Adakah pengaruh  kemampuan penalaran siswa terhadap menyelesaikan soal
2.      Berapakah sumbangan efektif kemampuan penalaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika?

E.     Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran siswa terhadap kemampuan menyelesaikan  soal fisika .
2.      Untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik siswa terhadap menyelesaikan soal fisika
3.      Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika.
4.      Untuk mengetahui sumbangan efektif kemampuan penalaran dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika.

F.     Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada bidang pendidikan, diantaranya:
1.      Bahan informasi bagi guru untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika.
2.      Bahan informasi bagi guru untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika.

G.    Definisi Operasiol

1.      Kemampuan penalaran
Menurut Sumantri (1999), penalaran adalah proses berfikir dalam menarik kesimpulan yang berupa pengetahuan. Jadi kemampuan penalaran adalah kemampuan berpikir dalam menarik kesimpulan berupa pengetahuan.
2.      Kemampuan numerik
Kemampuan numerik adalah kemampuan pengerjaan berhitung (menjumlah, mengurangi, membagi, memangkatkan, menarik akar, dan aplikasinya) serta pengoperasian baik dalam bentuk bilangan, simbol,





BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Kajian Hasil Penelitian Terdahulu
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mardianti (2006) yang berjudul “Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 1 SMP N 3 Sleman” menunjukkan bahwa ada hubungan positif signifikan antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,947, ada hubungan positif signifikan antara kemampuan verbal terhadap prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,699, ada hubungan positif signifikan



BAB III
METODE PENELITIAN



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

B.     Hasil Uji Instrumen
Sebelum diberikan pada kelas yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas VIIA, soal diuji cobakan terlebih dahulu di kelas VIIB. Soal yang diuji cobakan yaitu tes kemampuan penalaran,tes kemampuan numerik, dan tes kemampuan menyelesaikan soal fisika. Hasil uji coba instrumen tes adalah sebagai berikut :
1.      Uji validitas

B.  Hasil Penelitian
Dglkg kjghdfjghgk kdfgiughlampiran 11.
Hasil penelitian untuk hipotesis yang pertama menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan penalaran dengan kemampuan menyelesaikan soal fisika. Hal ini dibuktikan dengan hasil
C.    Pembahasan
Dalam penelitian ini ingin diketahui pengaruh kemampuan penalaran () dan kemampuan numerik () terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika (). Dari data yang telah dikumpulkan dan dianalisis, kemudian dilakukan pembahasan mengenai hasil penelitian.


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Ada pengaruh yang positif kemampuan penalaran terhadap kemampuan

B.     Saran
                 


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2008. Penalaran.
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/filsafat_ilmu/bab6-penalaran.pdf

Arifaid. 2004. Pengaruh Ketrampilan Berhitung dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika. Skripsi. UAD.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Astiduta. 2003. Aspek penalaran.
                        http  ://Aspek-Penalaran-Dalam-Karangan.com/2003/06.htm

Axireaxi. 2007. Fisika itu apa sih?.
                  http://axireaxi.wordpress.com/2007/06/18/fisika-itu-apa-sih/.

Awangga, Suryaputra. 2005. Tes Potensi Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika. Jakarta : Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Era. 2008. Pengertian Fisika.
                  http://Era-artikelpendidikan.blogspot.com/2008/06/artikel-pendidikan.html

Harjono, Widagdo. 2007. Pokok-pokok Fisika SMP untuk kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Himawan. 1998. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas I Semestre II SMP Muhammadiyah 2 Putri. Skripsi. UAD.

Kanginan, Marten. 2007. IPA Fisika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Mardianti, 2006. Hubungan Antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas I SMP N 3 Sleman. Skripsi. UAD.


Poerwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Rohman. 2006. Makalah.
http://rohman-makalah.blogspot.com/2008/07/kemampuan-individuditerbitkan-januari.htm

Samekto, SS. 1987. Pengembangan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah. Makalah. IKIP Yogyakarta.

Sudjana. 2000. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : alfabeta.
Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : alfabeta

Sukino & Wilson Simangunsong. 2007. Matematika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Suriasumantri, Jujun. 1999. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Pesada.

Syah, Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan Suatu pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Tipler, A. Paul. 1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik  Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Triswanto, Dwi Sugeng. Cara Mudah Memahami Psikotes. Yogyakarta: Media Abadi

Triyanto, Es. 2001.Hubungan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Pecahan Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Fisika Pada Siswa SMU II Yogyakarta.Skripsi. FMIPA UNY.

Tusim, R. Marina. 1982. Aspek-Aspek Kognitif Dalam Karakteristik Siswa. Jakarta : UKI ATMA JAYA


Usman, Husain & Akbar, Purnomo, S. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Wikipedia Indonesia. 2008. Pengantar Ilmu fisika.
http://opensource.opencrack.or.id/index2.php?option=com_pdf=1&id=291.

      Winkel, W. S., 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

0 Response to "SKRIPSI FISIKA LENGKAP PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.