KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TENTANG PENGEMBANGAN PEMBUATAN RAGI ONCOM DENGAN TEKNOLOGI MODERN



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dewasa ini kitadihadapkan dengan kenyataan yang memprihatinkan, plasma nutfah dan sumber dayaalam Indonesiadieksploitasi oleh pihak asing untuk kepentingan negara mereka sendiri. Rakyat Indonesia tidak dapat menikmati kekayaan alam negeri sendiri sehingga kesejahteraan masyarakat Indonesia berada di bawah rata-rata. Negara yang kaya akan sumber daya alam dan plasma nutfah ini seharusnya memiliki tingkat gizi yang lebih baik dibanding negara-negara lain, akan tetapi pemanfaatan yang tidak optimal menyebabkan kesejahteraan masyarakat Indonesia di bawah rata – rata. Berbagai penyakit seperti busung lapar timbul akibat kekurangan gizi, terutama protein. Upaya untuk menangani masalah ini perlu mendapat perhatian secara serius untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial yang akan ditimbulkan.
Saat ini, harga protein hewani yang berasal dari daging, ikan, telur dan susu semakin mahal sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat luas, khususnya yang berpendapatan pas-pasan. Untuk mencegah meluasnya masalah kekurangan gizi terutama protein di masyarakat, perlu digalakkan pemakaian sumber-sumber protein nabati. Penggunaan protein nabati dari kacang-kacangan (seperti tahu, tempe, dan oncom) telah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kekurangan gizi dan protein tersebut (Siswono, 2002).
Oncom sebagai makanan khas dari Jawa Barat yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia, memiliki nilai gizi yang baik dan harganya pun sangat terjangkau, namun sosialisasi oncom di Indonesia masih sangat minim. Oncom masih kalah terkenal dibandingkan hasil olahan kacang-kacangan yang lain, seperti tahu dan tempe. Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa oncom merupakan makanan tradisional yang bergizi tinggi sehingga banyak yang mengabaikan makanan tradisional ini. Sebagai salah satu makanan tradisional hasil fermentasi, sebenarnya oncom pun tidak kalah dari tempe dan tahu. Oncom memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu oncom juga dapat diolah menjadi pepes, sayur tumis campur leunca, sayur lodeh, keripik oncom, combro (oncom dijero), dan berbagai macam makanan enak lainnya.
Pembuatan oncom yang ada sekarang masih menggunakan cara tradisional yang tidak memiliki standar operasional produk sehingga rasa dan kualitas oncom tidak terjamin. Salah satu faktor untuk membuat oncom yang baik adalah kualitas raginya, yaitu kapang Neurospora sp. (James M. Jay, 2000).  Ragi oncom yang baik mampu menguraikan struktur – struktur kimia dalam kacang tanah menjadi senyawa – senyawa yang lebih sederhana melalui proses fermentasi, sehingga lebih mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Selain itu, citarasa, tekstur, serta aroma dari oncom juga sangat dipengaruhi oleh kualitas dari raginya, namun ragi oncom belum begitu dikembangkan di negara lain maupun Indonesia sendiri, yang merupakan negara tempat oncom berasal, sehingga belum ditemukan metode yang tepat untuk menghasilkan ragi oncom dengan kualitas bagus, baik ditinjau dari segi kualitatif maupun dari segi kuantitatifnya seperti kenaikan kadar protein,  karbohidrat, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan (Steinkraus, 1996).
Saat inikualitas ragi oncom yang beredar di pasaran telah menurun. Beberapa bahan yang sering digunakan sebagai media substrat untuk pembuatan ragi oncom ialah beras dan bekatul (Sastraatmadja et al., 2002), namun daya tahan inokulum oncom dari media substrat ini tidak lama. Oleh karena itu, penulis berusaha meneliti cara menangkap mikroba, terutama kapang Neurosporasp. dari alam dan cara pembiakannya dengan media substrat dari campuran kacang tanah, kedelai, dan jagung dengan berbagai perbandingan komposisi, sehingga didapatkan inokulum mixed culture yang dapat menghasilkan ragi oncom berkualitas unggul dan mempunyai daya tahan yang lama. Melalui ragi ini diharapkan oncom yang dihasilkan mempunyai cita rasa dan flavor yang bagus, serta memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi.

1.2. Rumusan Masalah
Oncom sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia mempunyai potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan, namun kualitas ragi instan yang dipakai dalam pembuatan oncom secara tradisional semakin lama semakin menurun sehingga kualitas oncom yang dihasilkan tidak terjamin. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas ragi oncom adalah inokulumnya, terutama kapang Neurosporasp., namun informasi penelitian mengenai cara penangkapan mikroba dari alam untuk inokulum oncom masih sangat terbatas. Oleh karena itu, inovasi teknologi penangkapan mikroba, terutama kapang Neurospora sp., dari alam sangat penting untuk menghasilkan ragi oncom yang berkualitas lebih baik daripada ragi instan yang dijual di pasaran, baik ditinjau secara kualitatif maupun kuantitatif sehingga diharapkan oncom menjadi makanan yang lebih populer pada masa yang akan datang sehingga masalah kekurangan gizi dan protein di Indonesia dapat teratasi.


1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan metode penangkapan mikroba dari alam, terutama kapang Neurospora sitophila.Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengetahui perbandingan komposisi media substrat yang baik untuk pembuatan ragi oncom ditinjau dari kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, dan serat dari ragi, baik dari segi kualitatif maupun segi kuantitatif.

1.4.  Manfaat Penelitian

1.      Menghasilkan metode penangkapan mikroba dari alam, terutama kapang Neurospora sitophila yang dapat digunakan sebagai inokulum untuk pembuatan ragi oncom.
2.      Menciptakan solusi alternatif untuk pemecahan masalah krisis pangan di Indonesia yaitu dengan oncom yang murah namun bergizi tinggi.
3.      Menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap makanan tradisional Indonesia dan mengenalkan oncom kepada kalangan internasional.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. ONCOM
Oncom adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Oncom merupakan sumber gizi yang potensial untuk masyarakat, karena dengan adanya proses fermentasi, maka struktur kimia bahan-bahan yang tadinya bersifat kompleks, akan terurai menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh (Hesseltine, 1961).
Saat ini dikenal dua jenis oncom, yaitu merah dan hitam. Perbedaan kedua jenis oncom tersebut terletak pada jenis kapang. Oncom merah dihasilkan oleh kapang Neurospora sitophila yang mempunyai strain jingga, merah, merah muda, dan warna peach. Sedangkan oncom hitam dihasilkan oleh kapang Rhizopusoligosporus. Jadi, warna merah atau hitam pada oncom ditentukan oleh warna pigmen yang dihasilkan oleh kapang yang digunakan dalam proses fermentasi.
Oncom dapat dibuat dari kacang kedelai dan kacang tanah. Bahan baku lainnya yang diperlukan dalam pembuatan oncom adalah kapang. Kapang oncom dapat mengeluarkan enzim lipase dan protease yang aktif selama proses fermentasi dan memegang peranan penting dalam penguraian pati menjadi gula, penguraian bahan-bahan dinding sel kacang, dan penguraian lemak, serta pembentukan sedikit alkohol dan berbagai ester yang berbau sedap dan harum (James M. Jay, 2000).
Proses fermentasi oleh kapang Neurospora sitophila dan Rhizopus oligosporus dapat mencegah terjadinya efek flatulensi (kembung perut). Selama proses fermentasi oncom, kapang akan menghasilkan enzim alpha-galaktosidase yang dapat menguraikan rafinosa dan stakhiosa kedelai sampai pada level yang sangat rendah, sehingga tidak berdampak pada terbentuknya gas.
Pada saat pembuatan oncom, sangat penting untuk memperhatikan masalah sanitasi dan higiene untuk mencegah timbulnya pencemaran dari mikroba-mikroba lain, terutama kapang Aspergillus flavus yang mampu memproduksi racun aflatoksin.  Kapang Aspergillus flavus juga biasanya tumbuh pada kacang-kacangan dan biji-bijian yang sudah jelek mutunya sehingga sangat dianjurkan menggunakan bahan baku yang baik mutunya untuk mencegah terbentuknya racun aflatoksin. Akan tetapi kita tidak perlu terlalu khawatir dengan racun aflatoksin, karena kapang Neurospora sitophila dan Rhizopus oligosporus mampu berperan sebagai penekan produksi aflatoksin (James M. Jay, 2000).
Oncom segar yang baru jadi hanya dapat bertahan selama 1 – 2 hari pada suhu ruang, setelah itu oncom akan rusak. Kerusakan tersebut disebabkan oleh enzim proteolitik yang mendegradasi protein seingga terbentuk ammonia, yang menyebabkan oncom tidak layak lagi dikonsumsi (Sarwono, 2005).

2.2. TEORI FERMENTASI
Fermentasi berasal dari kata Latin”fervere” yang berarti mendidih, yang menunjukkan adanya aktivitas dari yeast pada ekstrak buah-buahan atau larutan malt biji-bijian (Adams, 2000). Kelihatan seperti mendidih disebabkan karena terbentuknya gelembung-gelembung gas CO2 yang diakibatkan proses katabolisme atau biodegradasi secara anaerobik dari gula yang ada dalam ekstrak.
Fermentasi ditinjau secara biokimia mempunyai perbedaan arti dengan mikrobiologi industri. Secara biokimia, fermentasi diartikan sebagai terbentuknya energi oleh proses katabolisme bahan organik, sedang dalam mikrobiologi industri, fermentasi diartikan lebih luas yaitu sebagai suatu proses untuk mengubah bahan baku menjadi suatu produk oleh massa sel mikroba. Dalam hal ini, fermentasi berarti pula pembentukan komponen sel secara aerob yang dikenal dengan proses anabolisme atau biosintesis.
Mikrobiologi industri adalah fermentasi dalam pengertian yang lebih luas yang menguraikan macam-macam proses guna memperoleh hasil dalam skala industri dengan mass culture atau mikroba. Secara komersial, fermentasi dibagi menjadi 4 tipe, yaitu :
1.         Fermentasi yang menghasilkan sel mikroba atau biomass
2.         Fermentasi yang menghasilkan enzim mikroba
3.         Fermentasi yang menghasilkan metabolit mikroba baik primer maupun sekunder
4.         Fermentasi yang memodifikasi bahan yang disebut pula dengan proses transformasi

2.3.    RAGI ATAU INOKULUM ONCOM
Ragi yang digunakan dalam pembuatan oncom merupakan ragi jenis campuran fungi/mixed culture. Penggunaan ragi yang baik sangat penting sehingga akan dihasilkan oncom dengan kualitas baik. Ragi mixed culture yang digunakan dalam fermentasi oncom terdiri dari campuran kelompok mikroba Neurospora sitophila, Penicillium, Mucor, dan Rhizopus. Jenis kapang yang berperan penting dalam pembuatan oncom adalah Neurospora sithophila.
2.3.1.   Neurospora sitophila
Neurospora sitophila (Neuron : urat saraf atau berurat loreng-loreng,  spora, sitos : makanan, dan philos : menyukai) merupakan salah satu spesies dari genus Neurospora yang memiliki spora berbentuk seperti urat saraf berloreng-loreng (Alexopaulos, 1979). Neurospora sitophila sering terdapat pada produk-produk bakeri dan  menyebabkan kerusakan sehingga biasanya disebut bakery mold atau red bread-mold. Neurospora sithophila juga dikenal sebagai jamur oncom. Dalam proses fermentasi Neurospora sitophila berkembang biak dan menjadikan makanan menjadi berwarna kuning-kemerahan. Jika Neurospora sitophila menyerang laboratorium mycology atau bakteriologi sebagai kontaminan, maka dapat menimbulkan bahaya pada kultur dan sangat sulit untuk dihilangkan karena banyaknya jumlah konidia yang mudah menyebar yang diproduksi dan karena pertumbuhannya yang sangat cepat (Gilman, 1957). Dua spesies lain dari Neurospora sitophila adalah Neurospora crassa dan Neurospora tetrasperma.
 Sebelumnya Neurospora sithophila dinamakan Monilia sithophila. Hal ini disebabkan oleh belum diketahuinya alat perkembangbiakan dari Neurospora sithophila. Sebelum diketahui alat perkembangbiakannya, jamur ini tergolong kelas Deuteromycetes. Nama ilmiahnya adalah Monilia sitophila (monile = manik-manik kalung, sitos = makanan, philos = menyukai). Setelah diketahui alat perkembangbiakannya, maka kapang ini digolongkan ke dalam kelas Ascomycetes lalu nama spesies ini diganti menjadi Neurospora sitophila (Alexopaulos, 1979). Hifa aerial Neurospora sitophila yang membentuk sejumlah miselium dapat dikenali dengan mudah dari sejumlah massa berwarna pink dan konidia oval yang terdapat pada rantai di conidiophores yang bercabang. Jamur ini dapat menggandakan dirinya secara tidak terbatas dengan cara aseksual (Dube, 1990).
Neurospora, seperti kebanyakan anggota Sordariaceae lainnya, adalah organisme yang pertumbuhannya sangat cepat tetapi askosporanya membutuhkan perlakuan khusus untuk tumbuh sebagaimana dilakukan pada Sordariaceae lainnya. Sel hifanya memiliki inti banyak (multinucleate). Miseliumnya berpigmen dengan jumlah pigmen bervariasi tergantung substratumnya (Gilman, 1957).
Neurospora sitophila dan Neurospora crassa bersifat octosporous, hermaphrodit dan heterothallic. Unsur betinanya diwakili oleh protoperithecia, dimana setiap multinucleate askogonium ditempelkan. Askogonia menghasilkan cabang hifa panjang yang berfungsi sebagai trichogynes. Antheridia tidak dihasilkan. Unsur jantan diwakili oleh mikrokonidia yang diproduksi dalam rantai di microconidiophores; sejenis konidia, yang juga dapat menyalurkan nuclei ke receptive trichogynes. Dalam spesies ini, ditemukan bahwa peran organ seks jantan tidak terlalu besar dan fungsi seksual dikerjakan oleh bagian khusus dari thallus (Alexopaulos, 1979).
 
2.3.2.   Penicillium sp.
Penicilliumbiasa disebut green molds atau blue molds. Kapang ini sering ditemukan pada jeruk dan buah lainnya, keju di kulkas, dan bahan makanan lainnya yang terkontaminasi dengan spora mikroba ini. Konidia Penicillium terdapat di mana-mana baik di tanah maupun di udara. Kapang ini sering menjadi kontaminan pada laboratorium biologi. Penicillin ditemukan pertama kali oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 akibat tercemarnya kultur Staphylococcus oleh mikroba Penicillium notatum (Alexopaulos, 1979). Aktivitas penting dari Penicillium adalah sebagai berikut :
1.         Produksi Antibiotik
Sekarang ini, jenis kapang yang digunakan dalam produksi penicillin secara industrial adalah P. chrysogenum. Penicillin aktif (sebagai agen bacteriostatic) terhadap bakteri gram positif dan juga terhadap beberapa virus dan rickettsia (Gilman, 1957). Penicillin sekarang merupakan istilah umum yang dipakai untuk seluruh grup antibiotik. Antibiotik griseofulvin diproduksi dari P. griseofulvum. Obat ini digunakan dalam perawatan penyakit dermatophylic (kulit, kuku, rambut, dan bulu) seperti kurap, kaki atlit, dan epidermophytics. Obat ini bersifat fungistatic bukan fungicidal yang artinya tidak membunuh jamur. Obat ini hanya aktif terhadap jamur yang mempunyai dinding kitin namun tidak aktif terhadap Oomycetes, yeast, dan bakteri.

2.         Industri Keju
P. roqueforti dan P. camemberti digunakan dalam produksi keju. Kedua jenis Penicillium ini menghasilkan keju yang memiliki rasa khusus yang disebut keju Roquefort dan Camembert
3.         Parasit Tanaman
Mold biru pada tanaman jeruk (P. italicum), mold hijau pada tanaman jeruk (P. digitatum), dan kebusukan pada apel (P. expansum) merupakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh Penicillium. Beberapa spesies Penicillium dapat mengakibatkan produksi cacat pada makanan, produk kulit, dan pakaian.
4.         Mycotoxicoses
Beberapa spesies Penicillium memproduksi racun pada makanan/pakan ternak yang menyebabkan keracunan pada manusia dan binatang.
Konidia Penicillium menyerupai manik-manik kaca jika dilihat dengan mikroskop (Dube, 1990). Banyaknya konidia yang berwarna hijau, biru, atau kuning sangat berpengaruh pada warna dari berbagai spesies Penicillium.
 
2.3.3.   Rhizopus sp.
Rhizopus sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam pembuatan tempe. Sporangiosporenya kering dan sangat mudah ditiup angin sehingga dapat dengan mudah mencemari laboratorium (Alexopaulos, 1979). Spesies-spesies dari Rhizopus sering ditemukan pada tanah, buah yang busuk, dan tanaman. Miselium Rhizopus terdiri dari dua jenis, satu tertanam dalam lapisan dan yang lainnya seperti antena membentuk stolon. Sporangiophore yang dibentuk biasanya dalam grup-grup dua, tiga, atau lebih tetapi bisa juga hanya satu. Sporangia berbentuk sama, bundar atau hampir bundar dengan bagian tengah yang agak rata, pertama-tama berwarna putih, kemudian saat dewasa berubah menjadi hitam kebiruan. Spesies-spesies Rhizopus yang dikenal antara lain R. nigricans, R. oryzae, R. arrhizus, R. cohnii, R. nodosus, R. oligosporus, dan R. stolonifer.
 
2.3.4.   Mucor sp.
Mucorterdiri dari 600 spesies. Mucor tidak menyebabkan kontaminasi pada laboratorium. Hifanya kasar, coenocytic, dan bercabang-cabang, biasanya meruncing ke titik tertentu (Gilman, 1967). Dalam kultur cairan anaerobik, khususnya saat adanya karbon dioksida, kapang ini membentuk fase Torula dimana hifa rusak untuk membentuk tubuh seperti yeast dan kembali ke kondisi normal saat kondisi aerobik. Sporanya berbentuk bulat atau lonjong dengan lapisan tipis halus, tak berwarna atau dapat juga berwarna. Pada masa dewasa, saat dinding sporangial hilang, sporanya tetap melekat pada collumella dalam tetesan air dan tidak terbang bahkan oleh angin kencang sekalipun (Alexopaulos, 1979). Spora Mucor biasanya terbawa serangga dan semut. Zygosporenya berwarna coklat sampai hitam, dengan bentuk kasar dan tumpul. Spesiesnya bisa homothallic atau heterothallic. Beberapa spesies mucor antara lain M. sphaerosporus, M. racemosus, M. fragilis, M. hiemalis, M. flavus, M. mucedo, M. pucillus, dan M. spinescens.




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian dilakukan dalam 2 tahap yaitu (1) penangkapan mikroba dari alam sebagai inokulum mixed culture untuk pembuatan ragi oncom, dan (2) analisa hasil dengan metode analisa proksimat.

3.1. Rancangan Percobaan
3.1.1. Penetapan Variabel
  1. Perbandingan media substrat
Bahan
Komposisi (gram)
Kacang tanah
50
50
50
50
50
Kedelai
5
15
25
35
45
Jagung
45
35
25
15
5

Bahan
Komposisi (gram)
Kedelai
50
50
50
50
50
Kacang tanah
5
15
25
35
45
Jagung
45
35
25
15
5

  1. Pupuk Phonska (gram)
·         0,1 ; 0,2 ; 0,3 ; 0,4 ; 0,5

3.1.2. Metode Percobaan
Metode yang digunakan pada pembuatan oncom ini adalah metode konvensional (fermentasi), sedangkan untuk analisa sampel ragi dengan analisa proksimat, analisa kadar air, analisa protein dengan metode Kjedahl, analisa kadar abu total, analisa lemak dengan metode Sokhlet, dan analisa kadar karbohidrat secara by different dihitung dari 100 dikurangi kadar air, abu, protein, dan lemak. Analisa kadar serat dengan mengetahui berat dalam gram serat yang diperoleh.

3.1.3. Respon Percobaan
Dari penelitian akan dicari kadar protein, lemak,karbohidrat, dan serat yang terdapat pada ragi mixed culture dengan analisa proksimat. Dari data yang didapat, diamati lebih lanjut mengenai pengaruh variabel terhadap kadar protein, lemak, karbohidrat, dan serat yang terdapat dalam ragi mixed culture.
Hasil akhir dari penelitian adalah meningkatnya kadar protein, karbohidrat, dan serat pada ragi mixed culture melalui fermentasi, serta menurunnya kadar lemak. Diamati data akhir, bandingkan setiap variabel lalu tentukan variabel mana yang menghasilkan protein, lemak, karbohidrat, dan serat yang terbaik.

3.2. Bahan dan Alat yang Digunakan
3.2.1. Bahan dan Alat yang Digunakan untuk Membuat Ragi dan Oncom
1.      Bahan
·         Kacang tanah
·         Kedelai
·         Jagung
·         Pupuk Phonska
·         Daun jati dari Segar Bencah
·         Alkohol 70%
2.      Alat
·         Box plastik
·         Baskom dan tampah
·         Mixer
·         Kain mori


3.2.2.      Bahan dan Alat yang Digunakan untuk Analisa Ragi
1.      Bahan
·         H2SO4                                                   Serbuk Zn
·         CuSO4.5H2O                                         Methil Orange
·         Na2SO4 anhidrit                                    Na2CO3
·         HCl                                                       Antifoam agent
·         NaOH                                                   Asbes
·         K2SO4 10%                                           Aquadest
·         Alkohol 95%                                         n-Heksan
·         H2BO3 jenuh                                         Bensin fraksi 60° - 80°C

2.      Alat
·         Autoklaf                                                  Neraca analitis
·         Labu Kjedahl                                          Timbangan digital
·         Labu distilasi                                           Oven
·         Labu Sokhlet                                           Desikator
·         Pendingin Leibig                                     Kertas saring
·         Beaker glass                                            Gelas ukur
·         Erlenmeyer                                              Termometer
·         Pipet tetes                                               Pengaduk
·         Cawan porselen                                       pH meter
·         Statif                                                       Corong
·         Klem                                                       Corong pemisah
·         Buret                                                       Kompor






3.3. Langkah Percobaan
3.3.1.   Pembuatan Media Substrat sebagai Inokulum Mixed Culture untuk Pembuatan Ragi Oncom
          Kedelai, kacang tanah, dan jagung direndam dan dicuci. Ketiga bahan tersebut dicampur sesuai dengan variabel perbandingan pada starter. Campuran dikukus selama kurang lebih setengah jam, kemudian didinginkan. Setelah dingin, campuran dihancurkan dah digiling halus, kemudian substrat yang sudah jadi tersebut dibungkus dengan daun jati yang didapatkan dari Segar Bencah bagian tengah. Media substrat tersebut kemudian diinkubasi dalam box plastik yang ditutup dengan kain mori selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, ragi yang terbentuk dijemur hingga kering dan dianalisa.

3.3.2.   Analisa Ragi
1.      Analisa Kadar Air
Panaskan gelas arloji dalam oven pada suhu100°C-105°C selama 0,5 jam kemudian dinginkan dalam desikator, timbang beratnya. Perlakuan diulang sampai didapat berat konstan.
Timbang sampel ragi dalam gelas arloji sebanyak 1 gram panaskan dalam oven pada suhu 100°C-105°C selama 2,5 jam. Dinginkan dalam desikator, timbang beratnya. Panaskan lagi dalam oven selama 1 jam lalu dinginkan dalam desikator, timbang lagi bertanya. Perlakuan diulang sampai didapat berat konstan. Hitung kadar air dalam bahan.
kadar air  = 
Dimana : A = berat ragi
                        B = berat gelas arloji + ragi setelah dikeringkan
                        C = berat gelas arloji + ragi sebelum pengeringan



2.      Analisa Kadar Protein
Timbang 2-5 gram ragi yang berbentuk bubuk, masukkan dalam labu Kjedahl. Tambahkan 10 gram Na2SO4 anhidrit, 0,5 gram CuSO4.5H2O dan 25 ml H2SO4 pekat dan beberapa butir batu didih. Aduk campuran hingga rata, kemudian panaskan dengan api bunsen dalam lemari asam, mulut tabung ditutup dengan corong. Pemanasan mula-mula dengan api kecil, setelah asap hilang api dibesarkan, pemanasan dihentikan setelah cairan menjadi jernih (hijau terang).
Dinginkan larutan tersebut, kemudian pindahkan larutan tersebut ke dalam labu destilasi. Bilas labu Kjedahl dengan 25 ml aquadest sedikit demi sedikit agar larutan yang terdapat dalam labu Kjedahl dapat dipindahkan semuanya, tambah 1 gram Zn untuk mencegah percikan.
Larutan didestilasi, tambahkan 75 ml NaOH jenuh secara perlahan-lahan melalui dinding bagian dalam labu destilasi dengan corong pemisah. Labu destilasi Dipasang pada alat destilasi yang baik dan kuat , beri lapisan gips. Destilasi dilakukan sampai semua ammonia yang terbentuk terdestilasikan, hal ini dapat diketahui dengan menggunakan indikator pH, jika pH menunjukkan netral maka destilasi dapat dihentikan. Semua destilat ditampung dalam erlenmeyer 125 ml dan diisi dengan 5 ml larutan H2BO3, tambah indikator Methil Orange titrasi dengan HCl 0,1N.
Kadar protein =

3.      Analisa Kadar Abu Total
Kurs porselen yang telah dibersihkan dikeringkan dengan oven pada 105-110ºC selama 0,5 jam kemudian didinginkan dalam desikator, setelah itu ditimbang sampai didapatkan berat konstan. Sampel ragi sebanyak 2 gram dimasukkan dalam kurs porselen kemudian panaskan dalam tanur (furnace) pada suhu 600ºC selama 2 jam. Setelah jadi abu, kurs porselen yang menjadi abu didinginkan dalam desikator kemudian ditimbang sampai didapat berat konstan.
Kadar abu =
Dimana   :           A =berat ragi
                                    B =berat kurs porselen+ragi setelah pengabuan
                                    C =berat kus porselen+ragi sebelum pengabuan

4.      Analisa Lemak
Labu Sokhlet dipanaskan dalam oven pada suhu 105-110ºC selama 0,5 jam kemudian dinginkan dalam eksikator dan ditimbang sampai didapat berat konstan. Menimbang 5 gram ragi dan memasukkannya ke dalam kertas saring kemudian lipat kertas saring tersebut (tutup kertas saring dengan kertas saring lainnya). Masukkan gulungan kertas saring secara tegak pada labu sokhlet yang berisi solvent (n-hexane). Ekstraksi dilakukan selama 2 jam. Setelah ekstraksi selesai sampel diambil dan dipasang kembali alat ekstraksi guna recovery solvent kembali. Labu Sokhlet yang berisi solvent dan lemak dioven untuk menguapkan solvent yang masih terikut dalam lemak, selam 2 jam pada suhu 100-105ºC. Dinginkan dalam eksikator dan timbang sampai didapatkan berat konstan.
Berat lemak= 

5.      Analisa Kadar Karbohidrat
Penentuan karbohidrat (termasuk kadar serat) secara by different dihitung sebagai selisih 100 dikurangi kadar air, abu, protein, dan lemak.


6.      Analisa Kadar Serat Kasar
Mula-mula sampel ragi yang sudah diekstrak lemaknya dimasukkan dalam Erlenmeyer, serta ditambahkan 0,5 asbes dan 3 tetes antifoam. Selanjutnya ditambahkan H2SO4 0,25 N sebanyak 200 ml dan dididihkan selama 30 menit. Residu yang terbentuk disaring dan dicuci dengan menggunakan aquades panas, kemudian residu tersebut dimasukkan dalam Erlenmeyer dan ditambah dengan NaOH 0,25 N sebanyak 200 ml. Selanjutnya dididihkan kembali selama 30 menit dengan pendingin balik, dan disaring kembali dengan menggunakan kertas saring yang sudah ditimbang. Residu tersebut kemudian dicuci dengan Na2SO4 10 % sebanyak 10 ml dan alkohol 95 % sebanyak 15 ml. Setelah itu kertas saring yang telah digunakan untuk menyaring dikeringkan dalam oven pada suhu 110oC. Setelah kering, kertas saring tersebut ditimbang sampai beratnya konstan.



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1. HASIL PENELITIAN
4.1.1. Hasil Analisa pada Ragi Oncom pada Berbagai Variabel
Tabel 4.1. Analisa ragi oncom dengan berbagai variabel komposisi substrat
No
Variabel Komposisi
(dalam gram)
Parameter
Protein
Lemak
Air
Abu
Serat Kasar
Karbohidrat
1
Kacang  tanah 50,
Kedelai 5,
Jagung 45
15,33
3,67
27,44
7,22
5,30
41,04
2
Kacang  tanah 50,
Kedelai 15,
Jagung 35
15,02
3,42
27,14
7,58
5,41
41,43
3
Kacang  tanah 50,
Kedelai 25,
Jagung 25
14,80
3,42
26,89
7,81
5,58
41,81
4
Kacang  tanah 50,
Kedelai 35,
Jagung 15
15,04
4,17
27,36
7,68
4,78
41,27
5
Kacang  tanah 50,
Kedelai 45,
Jagung 5
15,20
4,89
27,90
7,25
4,15
40,61
6
Kedelai 50,
Kacang tanah 5,
Jagung 45
17,45
4,23
29,77
7,60
4,82
36,13
7
Kedelai 50,
Kacang tanah 5,
Jagung 45
17,04
4,15
27,95
7,04
5,33
38,49
8
Kedelai 50,
Kacang tanah 5,
Jagung 45
15,46
4,12
32,40
6,25
3,90
37,87
9
Kedelai 50,
Kacang tanah 5,
Jagung 45
16,25
4,89
29,40
6,78
4,55
38,13
10
Kedelai 50,
Kacang tanah 5,
Jagung 45
15,46
4,75
28,19
7,36
4,26
39,98
Berdasarkan hasil analisa yang, maka diambil variabel kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram dan jagung 45 gram karena memiliki kadar protein yang paling tinggi, kadar karbohidrat terendah dan kadar lemak yang tidak terlalu rendah (berpengaruh terhadap flavour/rasa). Variabel tersebut kemudian ditambahkan pupuk phonska sesuai variabel yang telah ditentukan.

Tabel 4.2. Analisa ragi oncom dengan berbagai variabel pupuk phonska
No
Parameter
Pupuk Phonska (dalam gram)
0,1
0,2
0,3
0,4
0,5
1
Protein
16,28
16,76
15,66
17,47
17,86
2
Lemak
3,8
4,12
4,74
4,51
4,28
3
Air
33,26
33,45
35,5
35,15
35,91
4
Abu
5,98
5,85
5,37
5,62
6,08
5
Serat Kasar
4,73
4,51
4,29
4,68
4,45
6
Karbohidrat by different
35,95
35,31
34,44
32,57
31,42

Berdasarkan hasil analisa ragi dengan komposisi kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram dan jagung 45 gram dan berbagai variabel pupuk phonska maka berat pupuk phonska yang paling optimal untuk pertumbuhan kapang/yeast adalah 0,5 karena memiliki kandungan protein yang paling tinggi di antara semua variabel, kadar lemaknya sedang dan karbohidratnya paling rendah.











4.1.2. Grafik Hasil Percobaan untuk Kadar Protein, Lemak, dan Karbohidrat pada Berbagai Variabel
Grafik 4.1. Kurva Perbandingan Komposisi vs Kadar Protein

Grafik 4.2. Kurva Perbandingan Komposisi vs Kadar Lemak


Grafik 4.3. Kurva Perbandingan Komposisi vs Kadar Karbohidrat
Grafik 4.4. Kurva Perbandingan Berat Pupuk vs Kadar Protein, Lemak, dan Karbohidrat


4.1.3. Hasil Pengamatan Pembuatan Starter
Suhu dan temperatur inkubasi pada kondisi kamar (30oC, 1 atm)
­­Tabel 4.3. Pengamatan Pembuatan Starter dengan variabel Kacang tanah 50 gram pada hari ketiga
Pengamatan
Perbandingan starter (kedelai : jagung) dalam gram
5:45
15:35
25:25
35:15
45:5
Kenampakan kapang
K
K-
K-
K
K
Warna kapang
Merah muda, putih
Merah muda, hitam
Merah muda kehitaman
Merah muda, hitam
Merah muda, putih
Kepadatan kapang
V
V
V-
V-
V




Tabel 4.4. Pengamatan Pembuatan Starter dengan variabel Kedelai 50 gram pada hari ketiga
Pengamatan
Perbandingan starter (kacang tanah : jagung) dalam gram
5:45
15:35
25:25
35:15
45:5
Kenampakan kapang
K+++
K++
K+
K++
K+
Warna kapang
Merah muda
Merah muda
Merah muda, putih
Merah muda, putih
Merah muda kehitaman
Kepadatan kapang
V++
V++
V+
V+
V

Tabel 4.5. Pengamatan Pembuatan Starter dengan berbagai variabel pupuk phonska pada hari ketiga
Pengamatan
Pupuk Phonska (dalam gram)
0,1
0,2
0,3
0,4
0,5
Kenampakan kapang
K++
K++
K+
K+++
K+++
Warna kapang
Merah muda, putih
Merah muda, putih
Merah muda sedikit hitam
Merah muda
Merah muda
Kepadatan kapang
V+
V++
V+
V++
V+++
Keterangan : (-)           :  tidak ada
                     K-           :  sedikit sekali                  V-        :  tipis sekali
                     K            :  sedikit                            V         :  tipis
                     K+          :  agak banyak                   V+       :  agak padat
                     K++        :  banyak                            V++     :  padat
                     K+++     :  banyak sekali                  V+++  :  padat sekali
                    
4.2. PEMBAHASAN
  1. Komposisi Terbaik
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa komposisi substrat terbaik didapat pada variabel dengan komposisi kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram dan jagung 45 gram. Hal ini dapat terlihat dari kenampakan yeast yang tumbuh pada substrat yang banyak dan padat. Yeast yang tumbuh berwarna merah muda yang mengindikasikan bahwa kapang yang paling dominan adalah Neurosporasitophila. Selain itu, pada komposisi ini didapatkan kadar protein yang paling tinggi, lemak yang cukup dan karbohidrat yang paling rendah dibandingkan dengan komposisi lainnya. Semakin baik pertumbuhan yeast maka kadar protein akan semakin tinggi dan kadar karbohidrat akan semakin rendah. Hal ini dikarenakan pada pertumbuhan yeast dihasilkan enzim-enzim sehingga semakin baik pertumbuhan yeast maka semakin tinggi kadar protein yang dihasilkan. Sedangkan kadar karbohidrat semakin menurun karena karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang selanjutnya akan dijadikan sumber makanan bagi yeast sehingga semakin baik pertumbuhan yeast maka kadar karbohidrat akan semakin menurun.

  1. Pupuk Terbaik
Seperti tumbuhan, yeast juga membutuhkan mikronutrient dalam pertumbuhannya. Mikronutrient ini merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang tidak begitu besar namun harus tersedia untuk menunjang pertumbuhan dari yeast. Unsur-unsur ini antara lain Nitrogen, Fosfor, Kalium, dan Sulfur. Dalam penelitian ini, unsur-unsur tersebut didapatkan dari penambahan pupuk phonska ke dalam substrat yang digunakan sebagai tempat pertumbuhan yeast.
Dari grafik 4.4, perbandingan berat pupuk vs kadar karbohidrat menunjukkan bahwa kadar karbohidrat semakin menurun seiring dengan penambahan berat pupuk dengan slope sebesar 30,381. Hal ini mengindikasikan pertumbuhan yeast yang semakin baik dengan bertambahnya pupuk phonska. Karbohidrat merupakan sumber makanan bagi yeast sehingga semakin baik pertumbuhan yeast maka kadar karbohidrat akan semakin menurun karena karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang selanjutnya akan digunakan sebagai bahan makanan oleh yeast untuk bertumbuh.
Perbandingan berat Pupuk vs kadar protein menunjukkan bahwa kadar protein semakin meningkat seiring dengan penambahan berat pupuk dengan slope sebesar 17,906. Hal ini mengindikasikan pertumbuhan yeast yang semakin baik dengan  bertambahnya pupuk phonska. Pupuk phonska dapat menyediakan unsur-unsur mikronutrient yang dibutuhkan oleh yeast sehingga pertumbuhan yeast dapat berjalan dengan lebih baik. Semakin banyak yeast yang tumbuh maka kadar protein akan semakin tinggi. Penambahan pupuk phonska dapat terus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan yeast sampai pada penambahan pupuk yang paling optimal.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertumbuhan yeast terbaik didapatkan pada penambahan pupuk phonska sebanyak 0,5 gram ke dalam substrat dengan komposisi 50 gram kedelai, 5 gram kacang tanah dan 45 gram jagung. Hasil analisa menunjukkan bahwa pada komposisi tersebut didapatkan kadar protein yang paling tinggi, kadar karbohidrat yang paling rendah dan kadar lemak yang sedang. Kadar protein yang tinggi mengindikasikan proses pertumbuhan yeast berjalan dengan baik karena selama proses pertumbuhan, dihasilkan berbagai macam enzim oleh yeast. (Sastraatmadja et al., 2002). Kadar lemak yang cukup dibutuhkan karena senyawa ester (yang merupakan lemak) berguna untuk memberikan flavour yang sedap dan khas bagi produk. Kadar karbohidrat yang semakin rendah mengindikasikan pertumbuhan yeast yang semakin baik. Penambahan pupuk phonska tersebut dapat meningkatkan aktivitas yeast yang tumbuh di substrat. Peningkatan aktivitas yeast tersebut dapat dilihat dari kadar protein yang semakin meningkat dan kadar karbohidrat yang semakin menurun pada setiap penambahan pupuk phonska. Semakin banyak yeast yang tumbuh pada substrat maka kadar karbohidrat akan semakin menurun. Dalam pertumbuhan yeast, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang selanjutnya akan digunakan sebagai sumber makanan bagi yeast tersebut.




  1. Kadar Karbohidrat
Dari hasil percobaan dapat dilihat bahwa kadar karbohidrat bervariasi sesuai dengan perbedaan komposisi substrat dan pupuk. Perbedaan kadar karbohidrat pada setiap variabel disebabkan oleh pertumbuhan dari kapang/yeast itu sendiri. Semakin banyak yeast yang tumbuh pada substrat maka kadar karbohidrat akan semakin menurun. Dalam pertumbuhan yeast, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang selanjutnya akan digunakan sebagai sumber makanan bagi yeast tersebut sesuai dengan reaksi :
Dari hasil penelitian, yeast paling banyak tumbuh pada variabel dengan komposisi kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram, jagung 45 gram dan pupuk phonska 0,5 gram. Hal ini dapat terlihat dari kenampakan yeast yang tumbuh pada substrat. Pada variabel ini, yeast terlihat sangat banyak dan padat. Selain itu, yeast berwarna merah muda yang mengindikasikan kapang yang paling dominan adalah Neurospora sitophila. Neurospora sitophila dapat mengeluarkan enzim-enzim yang dapat menghidrolisa senyawa-senyawa sakarida (Matsuo, 2003) sehingga semakin banyak Neurospora sitophila yang tumbuh maka kadar karbohidrat dalam substrat akan semakin berkurang. Neurospora sitophila juga dapat mengurangi kandungan oligosakarida, rafinosa dan stakiosa, yang terdapat pada kedelai dan kacang tanah sehingga dapat menghilangkan efek flatulensi pada perut (usus) yang disebabkan oleh senyawa oligosakarida tersebut (Matsuo, 1999).

  1. Kadar Protein
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa kadar protein bervariasi sesuai dengan perbandingan komposisi substrat dan pupuk. Perbedaan kadar protein pada setiap variabel dipengaruhi oleh pertumbuhan dari kapang/yeast. Kadar protein paling tiggi terdapat pada variabel kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram, dan jagung 45 gram, serta pada variabel berat pupuk 0,5 gram. Hal ini mengindikasikan pertumbuhan yeast yang baik. Semakin baik pertumbuhan yeast, semakin tinggi pula kadar protein yang dihasilkan. Glukosa yang diperoleh dari pemecahan karbohidrat, dibutuhkan oleh yeast sebagai sumber makanan. Untuk memecah karbohidrat tersebut, yeast menghasilkan enzim – enzim yang merupakan protein globular, terutama enzim protease. Enzim protease ini berfungsi untuk menghidrolisis asam amino dalam ikatan peptida menjadi polipeptida yang merupakan rantai protein yang lebih pendek. Oleh karena itu kadar protein semakin meningkat (Pauling et al., 1951).

  1. Kadar Lemak
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kadar lemak berbeda tiap variabel sesuai dengan komposisi substrat dan pupuk. Perbedaan kadar lemak pada setiap variabel dipengaruhi oleh pertumbuhan dari kapang/yeast itu sendiri. Kapang oncom, Neurospora sitophila, memproduksi enzim lipase yang aktif selama proses fermentasi (Siswono, 2002). Enzim lipase ini memegang peranan penting dalam menguraikan lemak yang terdapat pada substrat menjadi gliserol dan asam lemak bebas, serta pembentukan sedikit alkohol dan berbagai ester yang berbau sedap dan harum (Svendsen, 2000).











BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan
1.  Kadar protein, lemak, dan karbohidrat pada ragi oncom dipengaruhi oleh aktivitas kapang Neurospora sitophila yang tumbuh dalam substrat
2.  Komposisi protein, lemak, dan karbohidrat yang paling baik pada variabel komposisi kedelai 50 gram, kacang tanah 5 gram, jagung 45 gram, dan pupuk phonska 0,5 gram
3.  Kadar karbohidrat semakin menurun seiring dengan pertumbuhan yeast
4.  Kadar protein semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan yeast
5. Kadar lemak berbeda-beda pada setiap variabel komposisi

5.2. Saran
Penelitian tentang pengembangan pembuatan ragi oncom dengan teknologi modern di Indonesia masih jarang dilakukan. Penulis berharap agar penelitian tentang pembuatan ragi oncom ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan menjadi lebih baik sehingga dihasilkan ragi oncom yang lebih bagus baik ditinjau secara kualitatif dan kuantitatif dari segi gizi, ekonomi, dan teknologi

0 Response to "KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TENTANG PENGEMBANGAN PEMBUATAN RAGI ONCOM DENGAN TEKNOLOGI MODERN "

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.