KALAH DARI BURUH, PEMERINTAH GODOK KENAIKAN GAJI TERENDAH PNS

Kondisi miris dialami pegawai negeri sipil (PNS) rendah, yang gajinya masih kalah dari upah buruh. Pemerintah pun masih terus menggodok kenaikan gaji pokok PNS, agar kehidupannya lebih layak.

"Kasihan PNS kalau gajinya tak dinaikkan. Masa pensiunnya nanti bakal sengsara," kata Candra Fajri Ananda kepada wartawan usai menjadi pembicara di workshop 'Membaca dan Memahami APBD 2016' di ruang Joyoboyo lantai VII komplek kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Kamis (17/12/2015).

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang mendapat tugas dari Kementerian Keuangan untuk mengawal rencana kenaikan gaji yang layak bagi PNS menerangkan, gaji PNS terendah masih kalah dengan upah buruh yang mencapai lebih dari Rp 2 juta.

"Gaji untuk semua tingkatan PNS masih kalah dari pegawai swasta hingga 27 kali lipat," terangnya.

Selain itu, gaji untuk Presiden RI sekitar Rp 40 juta dan gaji menteri Rp 19 juta, yang masih kalah dengan gaji Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencapai sekitar Rp 180 juta.

"Masak gaji presiden kalah dengan OJK," tuturnya.

Candra mengatakan, gaji PNS harus dinaikkan, agar pensiun mereka tidak sengsara. Bagi PNS yang sudah pensiun, mendapatkan tunjangan 65 persen dari gaji bulannya.

"Ketika gaji PNS dinaikkan, maka otomatis penerimaan pajak negara juga ikut naik," ujarnya.

Ia menerangkan, kenaikan gaji PNS masih membutuhkan waktu. Selain saat ini masih dalam tahap pembahasan rancangan peraturan pemerintah (RPP) Gaji PNS, juga kondisi keuangan juga belum memungkinkan.

Selain itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengusulkan penghematan seperti pengurangan jumlah PNS dari sekarang 4,5 juta menjadi 3,7 juta orang.

"Ini juga masih dalam proses pembahasan model pengurangannya seperti apa. Apakah ditawarkan pensiun dini bagi yang usianya sudah tua dan tidak dinyatakan produktif lagi," tandasnya.

( Sumber: http://news.detik.com)

0 Response to "KALAH DARI BURUH, PEMERINTAH GODOK KENAIKAN GAJI TERENDAH PNS"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.