BAB 1
Latar Belakang
Saya mengangkat tema ini karena pada saat ini banyak sekali
program-program akutansi yang disediakan di dalam komputer. Pada saat ini tugas
dari para akutan tidak terlalu sulit. Hal ini disebabkan sudah ada
software-software yang mendukung kinerja mereka. Hal ini menyebabkan tugas
mereka jadi sangat mudah. Sistem akuntansi berkembang seiring dengan
pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan karyawan dan
penggunaan teknologi.
Dengan munculnya komputer,
semakin banyak data, pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, sumber daya
manusia di dalam perusahaan dan penggunaan berbagai teknologi. Dengan munculnya
komputer, semakin banyak data yang dapat diolah menjadi informasi baik yang
bersifat finansial maupun non-finansial.
Pengolahan data dapat
dilakukan baik secara terpusat maupun terdistribusi. Namun banyak fakta
menunjukan kehadiran komputer tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh
pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih saja merupakan kendala yang
dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak dalam kekacauan informasi yang
disebabkan katidak mampuan mereka dalam menggunakan teknologi itu sendiru.
Hal ini terjadi karena
kurangnya pengendalian dan pemahaman akuntansi, sehingga menghasilkan banyak
informasi yang tidak berguna, dan tidak memenuhi prinsip akuntansi. Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti transaksi pada suatu
system sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan sebuah perusahaan.
Kekurangan atau
dokumen-dokumen yang kurang berkualitas yang menyebabkan tidak berjalannya
informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan, sebaliknya kelebihan
dokumen dasar dapat menimbulkan kekacauan dalam pengolahan data sehingga memicu
terjadinya kesalahan pemasukan data yang menyebabkan terjadinya kesalahan
berantai.
Hal ini akan mengganggu kinerja
sebuah perusahaan dalam pengolahan data dan dalam pembuatan laporan-laporan
keuangan dan akan selalu terjadi kekacauan
jika pemahaman terhadap proses penggunaan program tersebut kurang.
Rumusan Masalah
Makalah ini dibuat dengan untuk dapat mengetahui pentingnya dan jenis-jenis
software computer yang tersedia dalam akuntansi yang dibutuhkan oleh sebuah
perusahaan dengan jenis industri yang berbeda–beda. Dan dengan adanya makalah
ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pemilihan software akuntansi yang sesuai dan tepat dengan yang
diinginkan di kemudian hari.
Pada saat ini juga banyak pengguna software akutansi tidak
mengetauhi bagaiman penggunaan software tersebut dan terjebak dalam lubang yang
sama dan akhirnya dalam pelaporan akhir terjadi kekacauan. Hal ini di sebabkan
kerena mereka selalu di bingungkan jika berhadapan dengan software yang
benar-benar baru bagi mereka
Ada kalanya mereka tidak tahu software apa yang tepat digunakan
perusahaan mereka. Kadang kala beberapa perusahaan juga terjebak oleh nama
software buatan luar negeri padahal mereka belum tahu apakah software yang
mereka gunakan cocok digunakan oleh perusahaan mereka.
Tujuan
Tujuan saya membuat makalah ini
karena pada saat ini sudah banyak software akutansi dan setiap perusahaan tidak
selalu menggunakan software yang sama satu perusahaan dengan yang lain. Ada kalanya pengguna
software akutansi tersebut tidak mengerti bagaimana penggunaan software
tersebut karena kita berhadapan dengan software yang benar-benar baru buat
pengguna software tersebut.
Memberitahukan bagaimana penggunaan
software yang benar dengan memberikan contoh software yang cocok digunakan
untuk keperluan apa dan jenis perusahaan jenis apa yang cocok menggunakan
software tersebut.
Memberitahukan bahwa selamanya bahwa
software buatan luar negeri selalu cocok dengan perusahaan yang berdomisili di
indonesai karena perbedaan pemahaman mereka tentang aturan akutansi yang ada di
Indonesia.
BAB 2
Pengertian Komputer Akuntansi
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang
terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama,
serta membentuk sebuah sistem yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat
digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan
program yang diberikan kepadanya oleh pengguna komputer tersebut.
Akuntansi adalah suatu metode pencatatan, penggolongan dan
peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berguna
dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses .
Komputer Akuntansi adalah, suatu seni dengan menggunakan alat bantu
komputer untuk melakukan pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan
kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan
uang, dan peng-interprestasian hasil proses.dan Salah satu fungsi organisasi
yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang
bertanggung jawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Dan
agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yang dihasilkan sesuai
dengan karakteristiknya, perlu suatu sistem yang komparatif dan integral dari
keseluruhan proses bisnis yang ada.
Dengan menerapkan sistem komputerisasi akuntansi, maka akan
mempercepat proses penyajian analisa dan laporan keuangan karena aplikasi
komputerisasi akuntansi diciptakan untuk memudahkan proses transaksi-transaksi
akuntansi kedalam sebuah laporan dan analisa laporan untuk mendukung hasil pengambilan keputusan yang berhubungan dengan
keadaan keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi.
Menurut jenis kegiatannya akuntansi dapat diklasifikasi menjadi
beberapa golongan yang saling berkaitan satu dengan lainnya :
- Akuntansi financial (financial
accounting)
• • Auntansi Biaya (cost Accounting)
• • Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting)
• • Akuntansi pajak (tax accounting)
• • Pemeriksaan akuntansi (auditing) - Akuntansi manajemen
• • Akuntansi strategis (planning)
• • Akuntansi pemerintahan dan lembaga
• • System Akuntansi
• • System distribusi
• • System Inventory
• • System Penjualan
• • System Komputer akuntansi
Sistem Komputer Akuntansi
Sistem akuntansi berkembang
seiring dengan pekembangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengetahuan
karyawan dan penggunaan teknologi. Dengan munculnya komputer, semakin banyak
data yang dapat diproses menjadi informasi lebih baik yang bersifat finansial
maupun non-finansial, Pengolahan data dapat dilakukan baik secara terpusat
maupun terdistribusi.
Namun banyak fakta menunjukan kehadiran komputer tidak dapat
dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis. Keterlambatan laporan masih
saja merupakan kendala yang dihadapi, bahkan banyak pelaku bisnis terjebak
dalam kesemrawutan informasi. Hal ini terjadi karena kurangnya pengendalian dan
pemahaman akuntansi oleh perusahaan itu sendiri maupun penggunaan software
tersebut oleh karyawan perusahaan itu sendiri, sehingga menghasilkan banyak
informasi yang tidak berguna bagi perusahaan, dan tidak memenuhi prinsip dasar
akutansi akuntansi.
Dokumen dasar yang digunakan sebagai bukti
transaksi pada suatu sistem sangat menentukan tingkat pencapaian tujuan
perusahaan. Kekurangan atau dokumen dasar kurang berkualitas menyebabkan tidak
berjalannya informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dan menyebabkan terjadinya
kesalahan berantai yang berturut-turut dari awal terjadi kesalahan hingga
proses yang paling akhir., sebaliknya kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan
keruwetan dalam pengolahan data sehingga memicu terjadinya kesalahan pemasukan
data yang menyebabkan terjadinya kesalahan berantai yang berturut-turut dari
awal terjadi kesalahan hingga proses yang paling akhir.
Dengan
dokumen dasar yang berkualitas dapat dihasilkan berbagai bentuk informasi yang
akurat. Perubahan yang dilakukan pada dokumen dasar akan menyebabkan perubahan
pada prosedur pengolahan data. Walaupun pada dasarnya setiap perusahaan
mengolah data dengan cara yang sama namun besar kecil perusahaan, jenis usaha
dan teknologi yang digunakan serta pengaruh sumber daya lainnya menyebabkan system
akuntansi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya berbeda.
Sistem yang disusun oleh suatu perusahaan belum
tentu dapat diterapkan pada perusahaan lain sekalipun jenis usahanya sama
karena dalam prakteknya sistem akuntansi sangat dipengaruhi oleh faktor
lingkungan dan jenis perusahaan tersebut yang bergerak di bidang apa.
Pertumbuhan ekonomi juga memicu perkembangan bidang usaha semakin kompleks. Hal
demikian mengharuskan akuntan untuk memperoleh keahlian yang tinggi dalam
spesialisasi penggunaan software akutansi yang diterapkan dalam perusahaan
Kerangka Sistem Akuntansi
Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang
melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan
bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. Sistem informasi akuntansi
bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan bagi tiap elemen lingkungan
kecuali pesaing perusahaan. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan
adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga Sistem informasi akuntansi hanya
melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level atas tersebut.
Sistem Komputer akuntansi berkembang seiring
dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dimana yang
dibutuhkan bukan hanya financial melainkan juga operasional (non financial) dan
yang membutuhkan informasi bukan hanya manajemen level atas melainkan semua
level manajemen. System Akuntansi komputer mendukung manajemen terbuka, Namun
masih banyak organisasi yang menerapkan manajemen tertutup.
Sistem akuntansi pokok terdiri dari berbagai
klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal dan bukti transaksi. Masing-masing
unsur tersebut saling terkait membentuk suatu prosedur pencatatan.
Berikut ini adalah hubungan masing-masing unsur
dengan prosedur lainnya
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
System dan Prosedur Jurnal Bukti transaksi Buku Besar :
1.
Penjualan-Penjualan Faktur
penjualan Rekening Piutang, penjualan
2.
Penerimaan Kas Kas Bukti
Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
3.
Pembelian Pembelian Faktur
Pembelian Rekening Persediaan barang
4.
Pengeluaran Kas Kas Bukti
Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
5.
Payroll Umum Daftar Gaji/
Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan
menghasilkan bukti transaksi. Catatan dalam jurnal akan diposting ke rekening
buku besar. Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar
elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang
dipilih.Tugas pengolahan data yang dilakukan Sistem informasi akuntansi
meliputi 4 tugas dasar sbb :
1.
Pengumpulan data yaitu setiap
tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Bila tindakan tersebut melibatkan
elemen lingkungan disebut transaksi. Pelaku bisnis dan accounting umumnya hanya
memperhatikan transaksi yang mempunyai nilai finansial.
2.
manipulasi Data yaitu data
perlu dimanipulasi untuk dapat diubah menjadi informasi yang berguna. Operasi
manipulasi data meliputi pengklasifikasian, Penyortiran, Perhitungan, dan
pengikhtisaran.
3.
Penyimpanan data yaitu terdapat
banyak transaksi pada setiap perusahaan. Setiap transaksi dijelaskan oleh
beberapa elemen data. Data tersebut perlu disimpan di suatu tempat dan harus
dapat ditemukan dengan mudah bila data tersebut dibutuhkan.
4.
Penyiapan Dokumen yaitu Sistem
informasi akuntansi menghasilkan output untuk perorangan maupun organisasi di
dalam maupun di luar perusahaan. Output tersebut dipicu dengan dua cara yaitu :Oleh
suatu tindakan Output dihasilkan bila sesuatu terjadi seperti contoh di bawah
ini :tagihan disiapkan pada saat terjadi pesanan.
Oleh Jadwal Output dihasilkan pada suatu
saat tertentu.Umumnya output berupa dokumen, namun semakin banyak pemakai
menggunakan visual (tampilan layar) untuk memperoleh informasi yang tepat waktu
dan tepat guna, tanpa harus menunggu laporan rutin dari bagian akuntansi yang
diterbitkan sesuai jadwal. akses informasi dapat dilakukan secara local maupun
global dengan menggunakan fasilitas umum.
Berdasarkan uraian di atas dapat di
katakan bahwa tanggung jawab mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data serta
membuat laporan transaksi keuangan merupakan bagian dari tanggung jawab bagian
akuntansi. Bagian lain seperti bagian penjualan, bagian pembelian, bagian
keuangan adalah bagian operasional yang menyiapkan bukti-bukti transaksi,
sedangkan bagian IT adalah bagian yang mensupport fasilitas pengolahan data
mencakup sofware, hardware termasuk pemilihan tekhnologi serta memegang
tanggung jawab terhadap keamanan sistem data.
Dan hasil dari semua proses di atas Laporan Keuangan merupakan
proses akhir dari seluruh transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan selama
periode akuntansi tertentu. Pada umumnya laporan keuangan dibagi atas 3 bagian
yakni;
1). Laporan laba-rugi
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.
2). Laporan Perubahan Modal atau Laporan Laba Ditahan
3). Neraca.
Didalam menyusun laporan
keuangan ini, diperlukan bukti transaksi dari setiap departemen yang ada di
dalam perusahaan, dimana transaksi itu akan dicatat kedalam jurnal umum,
setelah itu dikelompokkan ke dalam buku besar disamping membuat jurnal
penyesuaian, proses selanjutnya memasukkan perkiraan-perkiraan yang ada pada
buku besar kedalam neraca lajur, sehingga akan diperoleh laporan keuangan.
Dengan melihat dan memahami
laporan keuangan, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan suatu
perusahaan, yang tentunya tidak semua orang bisa mengetahuinya. Hal ini akan
menjadi nilai tambah bagi seseorang yang mampu menganalisa laporan keuangan
khusunya di dalam mencari pekerjaan, dengan kata lain kemampuan itu akan dicari
dan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan.
Akuntansi komputer adalah
sistem akuntansi yang mengautomatisasi transaksi bisnis dengan menerapkan
manajemen terbuka, sehingga informasi akuntansi dapat diperoleh langsung
melalui terminal yang tersebar dilingkungan perusahaan. Dengan tersediaanya
fasilitas ini memungkinkan manajemen mendapat informasi melalui media visual
pada monitor yang tersedia diruangannya sendiri tanpa harus menunggu laporan
rutin yang diterbitkan bagian akuntansi.
Pada akuntansi manual yang tanpa
menggunakan software yang tersedia di dalam komputer, semua tanggungjawab
pengolahan data dan pelaporan baik laporan keuangan maupun laporan operasional
adalah tugas bagian akuntansi. Pada akuntansi komputer Laporan-laporan yang
bersifat operasional dapat langsung diterbitkan oleh bagian terkait, sehingga
tanggungjawab bagian akuntansi menjadi lebih ringan.
Software Akuntansi
Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih software akuntansi
yaitu Prinsip dasar dan proses akunatnsi adalah pencatatan, pengikhtisaran,
pelaporan dan penganalisaan yang
sejatinya adalah pengolahan informasi dari transaksi menjadi laporan yang akan
digunaan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan laporan-laporan
tersebut. Adapun hal–hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software
akuntansi adalah sebagai berikut :
1.
Identifikasi kebutuhan kita yaitu seberapa
jauhkan kebutuhan kita terhadap software akutansi dan apakah hanya terbatas
pada pencatatan saja atau harus terintegrasi sampai pada laporan terperinci.
Tetapi apabila perusahaan masih dalam rancangan penyusunan sistem maka disarankan
untuk menggunakan jasa teller made.
2.
Memperhatikan fiturnya yaitu mencocokkan
kebutuhan kita dengan fitur yang ditawarkan dan selain dari kemudahan
kepraktisan penggunaan juga perlu diperhatikan cocok tidaknya dengan standar
akuntansi yang berlaku di Indonesia.
3.
Perkembangan softwarenya yaitu software yang
baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan jaman. Kemungkinan
berkembangnya usaha kita akan berakibat pada berkembangnya seluruh aspek
pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti
software di tengah jalan.
4.
After sales service policy
yaitu kita akan menggunakan produk tersebut dalam waktu yang lama sehingga after sales service
policynya haruslah yang di support dengan baik. Untuk tailor made biasanya
turnover programnya cukup tinggi, sehingga membutuhkan penyesuaian yang lama
dari program yang baru. Dan yang paling
penting perhatikan apakah kita mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam panduan problem software
guidance atau yang biasa di sebut dengan panduan penggunaan program yang
diberikan oleh produsen.
5.
Budget dan referensi yaitu
tentukan budget dari awal. Walaupun budget bukanlah merupakan satu–satunya
pertimbangan lain yaitu after sales service, reliability dan perkembangannnya.
Dalam
penggunaanya Peranan Tehnologi Informasi yaitu Software Akuntansi, Software
akutansi mampu mempermudah pembukuan karena seluruh jurnal akuntansi dan
laporan keuangan dibuat secara otomatis, sehingga pengoperasiannya cukup
memerlukan orang yang mengerti teori akuntansi secara umum.
Aplikasi ini berfungsi untuk mendukung proses pencatatan pembukuan
keuangan staff akunting. Software ini menghasilkan laporan keuangan seperti
Buku Besar, Neraca, Laba/Rugi, dll.
Jenis laporan akuntansi yang dibuat:
- Daftar Perkiraan
- Jurnal Transaksi
- Buku Besar
- Buku Besar Pembantu
- Trial Balance
- Neraca Harian
- Neraca
- Laba/Rugi
Penggunaan Software Akuntansi
Sekarang ini banyak sekali contoh
software yang di gunakan contohnya Myob Premier V.7.5 yang berorientasi pada penggunaan
multi user, multi currency dan jaringan. Aplikasi ini diciptakan dengan user
friendly denga system pencatatan real time, sehingga mudah menggunakannya dan
data yang dihasilkan selalu ter up-date, maka analisa dan laporan keuangan
dapat diperoleh dengan akurat, efektif dan efisien.
MYOB Accounting Software adalah
software akuntansi yang sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja.
Jika anda mengelola sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Software akan
membantu anda dalam berbagai hal contohnya seperti:
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
- Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
- Mengerti lebih dalam bisnis anda
- Mengelola barang dagangan anda.
Software ini sangat cocok untuk owner-operator, MYOB Accounting
Software membantu anda dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang
dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your
quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa
tombol saja.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam
mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah
digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB
Accounting's powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah
mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah
komit (committed).
Fungsi lain dari MYOB Accounting Software
yaitu dapat melakukan analisis atas data bisnis anda dengan lebih dari 160 cara
lebih mudah membuat keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat
dan sangat detail seperti:
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian merubah menjadi ke bentuk Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- E-mail atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
Fungsi dan kelebihan lain dari MYOB Accounting
Software masih banyak yaitu seperti di bawah ini :
1.
Kelola
Customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
MYOB Accounting Software dapat memberikan anda laporan penjualan dan informasi costomer anda dengan cepat dan akurat. Semua laporan bisa di export ke berbagai format yang berbeda, sehingga dapat dikirim secara electronic atau membuka laporan-laporan tersebut dalam Microsoft Excel atau office software lainnya.
2.
Membuat
Customized Forms
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
Anda bisa mendesain sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan anda. Ciptakan formulir sesuai dengan keinginan anda, tambahkan logo anda, customized text, header, sub title, dll. MYOB form designer memudahkan anda membuatnya.
3.
Pengelolaan
Inventory yang menyeluruh
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
MYOB Accounting Software secara otomatis meng-adjust inventory begitu terjadi penjualan. Anda dapat merecall, edit, reverse dan delete inventory adjustmen dan transfer seperti yang anda lakukan pada transaksi yang tercatat.
4.
MYOB
Accounting Software juga memiliki fitur canggih dalam penetapan harga acuan
dengan lima
quantity break dan 6 level penetapan harga. Memungkinkan anda melakukan
pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.
5.
Invoice
pelanggan anda via email
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
Dengan MYOB Accounting Software anda bisa menghemat biaya surat menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena invoice bisa dikirim via email. MYOB Accounting Software telah competible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Mesanger
6.
Company
Data Auditor
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.
Company Data Auditor adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.
Kini memang banyak software atau perangkat
lunak yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan dalam sistem akuntansi di
perusahaan. Sebut saja program buatan luar negeri atau biasa di sebut program impor
seperti DacEasy Accounting (DAC), Quickbook, MYOB, Peachtree, Valauplus dan Oracle,
yang terkenal di luar negeri dan cukup populer juga di kalangan dalam negeri. Sementara
untuk local content, misalnya, ada Dbs Solution, Accurate, Zahir Accounting,
ACCS, MAS Accounting, dan masih banyak lagi tersingkirkan oleh program buatan
luar negeri.
Namun masalahnya, apakah program-program itu,
baik lokal maupun buatan luar negeri cukup sederhana dan berguna untuk bisnis
di Indonesia?
Apakah hal itu juga sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di dalam
negeri sesuai dengan Standard Akutansi Keuangan? Kesulitan kita kalau
menggunakan software dari luar itu tidak selalu sama dengan standar akuntansi
di Amerika contohya.
Karena itu, pada saat mengembangkan software
akutansi, standar akuntansinya harus sudah ada,” software yang paling baik adalah
software akuntansi yang di develop sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau
tailor made. “Kita tidak bisa menggunakan software yang sudah jadi, karena
biaya yang dikeluarkan juga berbeda.
Software akuntansi memang dirancang untuk
memudahkan perusahaan dalam penghitungan keuangannya. Mulai dari biaya
produksi, operasional, hingga biaya distribusi dan masih banyak biaya-biaya
yang lain. Jika sebelumnya dilakukan
secara manual, perusahaan terlebih dahulu harus membuat jurnal, lalu memosting ke buku besar, lalu membuat neraca
saldo, dan akhirnya membuat jurnal penyesuaian, hingga menjadi laporan
keuangan.
Kini dengan berkembangnya teknologi komputer
dan semakin kompleksnya
transaksi-transaksi yang berhubungan dengan proses pencatatan dalam akuntansi,
pencatatan secara manual sudah tidak memungkinkan lagi, sangat tidak
efisien.Accurate, misalnya. Software yang diproduksi oleh PT. Cipta Piranti
Sejahtera (CPS Soft) ini sudah mengintegrasikan modul-modul penting dalam
akuntansi, seperti general ledger (GL), account receivable (AR), account
payable (AP) dan inventory. Walau dirancang untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor
usaha kecil dan menengah (UKM), Accurate memiliki beberapa fitur penting
seperti kemampuan mencatat transaksi dalam berbagai mata uang mulai dalam
negeri hingga asing (multi currency), multi tax, multi user, dan multi company,
bahkan mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan.
Proses pencatatan transaksi melalui Accurate hanya dilakukan
sekali saja. Software ini yang akan memosting, menjurnal sendiri, sesuai dengan
posting yang sudah dibuat. Jadi tools ini memudahkan pelaku bisnis untuk
mengetahui kondisi perusahaan, situasi keuangan secara tepat dan akurat.
Piranti lunak yang pernah mendapatkan APICTA
(Asia Pacific ICT Awards) ini mampu membantu perusahaan dalam membuat laporan
keuangan secara otomatis. Dengan menggunakan software ini, tidak ada lagi
laporan akhir bulan untuk membuat laporan aliran kas, faktur pajak dan
lain-lain. Software ini akan sangat membantu. Tidak ada lagi lembur. Bahkan
tidak perlu lagi penambahan orang untuk kegiatan akuntansinya. Semua laporan
sudah otomatis,
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Baik Accurate maupun Zahir Accounting memang dirancang sesederhana dan semudah mungkin mungkin agar pengunanya tidak di buat pusing. Lihat saja tampilannya. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak dengan bahasa akuntansi yang kadang susah untuk dipahami
Pada prinsipnya, kalau perusahaan mau
menerapkan Zahir Accounting, tidak perlu ada training atau pelatihan karena bahasanya mudah dimengerti. Struktur
programnya sederhana, dan transaksinya juga seperti mengisi nota-nota transaksi
saja, Sementara Accurate, dengan kecepatan 32 bit dapat dioperasikan dengan
berbagai sistem sistem operasi seperti Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan
Windows 2000. Produk ini dilengkapi dengan tampilan grafis (graphic user
interface) yang mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru pertama kali
menggunakannya.
Jika dibandingkan dengan software buatan luar
negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software
asing. Accurate dan Zahir Accounting, misalnya, bisa mencatat pajak penjualan
(PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia. Bahkan, Zahir Accounting
boleh dikatakan satu-satunya software akuntansi yang menggunakan giro mundur.
Transaksinya juga bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920.000.000.000.000
(sembalian ratus dua puluh triliun). Bandingkan dengan produk impor yang
menggunakan dollar AS dalam transaksinya.
Hal ini pula yang menjadi acuan para
programmer Accurate dan Zahir Accounting untuk menggunakan standar akuntansi
yang berlaku di Indonesia.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Untuk masalah keamanan, karena menggunakan operating system Windows, database-nya pun menyesuikan dengan sistem yang digunakan oleh Microsoft. Bahkan Accurate menggunakan database yang berbasis klien server.
Mungkin Accurate yang pertama menggunakan
database klien server untuk aplikasi UKM. Biasanya database yang menggunakan
klien server ini adalah aplikasi yang skala besar untuk kelas enterprise yang
harganya sangat mahal.Solusi bisnis yang terintegrasi beberapa produk software
akuntansi ini memang memiliki kelebihannya dan kekurangan masing-masing. Tidak
hanya produk lokal, produk asing pun, kendati memerlukan biaya yang relatif
besar, manfaat yang bisa di dapat perusahaan juga setimpal.
Lihat saja, misalnya, Oracle Software
Accounting. Software ini tidak hanya menampilkan transaksi-transaksi bisnis
untuk kemudian dilaporkan sebagai laporan keuangan. Namun, lebih dari itu.
Oracle menyiapkan solusi bisnis yang terintegrasi untuk semua bisnis di
perusahaan.
Soalnya, di perusahaan-perusahaan biasanya
terdapat fungsi dasar, seperti keuangan dan akuntansi, pemasaran dan penjualan,
produksi dan distribusi, general administration, dan human resource.
Fungsi-fungsi tersebut, apapun perusahaannya, tentu saling terintegrasi.
Misalnya, keuangan dan penjualan, human resource dan produksi.
Karena terintegrasi inilah kami menyebutnya
suite. Namun, perkembangan dari software akuntansi ini, di dunia aplikasi, itu
yang paling mature jika dibandingkan dengan sistem produksi, maintenance
peralatan, dan sistem distribusi.
Yang membedakan dengan Oracle Software
Accounting, kita tidak hanya mengakomodasi dari fungsi-fungsi perusahaan,
tetapi ada lagi yang namanya fungsi treasure. Apa bedanya fungsi treasure ini
dengan kas? Manajemen kas ini adalah salah satu fungsi dari treasure di
perusahaan. sebagai karyawan, juga bagian dari fungsi treasure ,Untuk
mengaplikasikan perangkat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1. sesuai dengan visi perusahaan yaitu visi ini
bersifat masa depan untuk kemudian dijabarkan strateginya sesuai dengan visi
tersebut.
2. harus ada pembenahan pada sistem.
3.
harus
mendevelop atau mengembangakan sumber daya manusianya.
Proses Penggunaan Software Akutansi
Saya akan
mengambil salah satu contoh program yaitu Microsoft acces. Yaitu salah satu
software yang bisa di gunakan dalam berbagai hal seperti akutansi
0 Response to "CONTOH MAKALAH EKONOMI AKUNTANSI PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM AKUTANSI"
Posting Komentar