BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dewasa ini hiburan banyakdicari oleh masyarakat baik para pekerja maupun para pelajar, dengan tujuanuntuk menghilangkan kepenatan, ketegangan, kejenuhan, dan rasa capek karenakegiatan rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Dalam mengatasi hal tersebut,
orang dapat mencari tempat hiburan yang menyenangkan hati seperti : taman
hiburan, tempat wisata, bioskop, tempat karaoke, dan masih banyak tempat
hiburan lainnya. Karena hiburan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat
dipisahkan dari kehidupan manusia yang disebabkan adanya pola dan gaya hidup
masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya
perekonomian Indonesia
Akhir-akhir ini semakin banyak
berdirinya tempat-tempat hiburan khususnya karaoke yang menawarkan berbagai
macam pelayanan dan fasilitas lengkap dengan teknologi modern untuk memanjakan
konsumen disertai dengan penawaran paket harga yang bervariatif dan kompetitif.
Dalam membeli suatu produk atau jasa, seorang konsumen mungkin mendeteksi
adanya suatu kekurangan. Konsumen tidak menginginkan produk atau jasa, yang
tidak memenuhi standar mutu. Apa yang menentukan konsumen akan puas, atau tidak
puas tehadap suatu pembelian baik itu produk maupun jasa. Kepuasan konsumen
adalah fungsi seberapa dekat harapan konsumen atas suatu produk atau jasa
dengan mutu yang dirasakan. Konsumen akan merasa tidak puas jika suatu produk
atau jasa tidak sesuai harapan, konsumen akan merasa puas jika suatu produk
atau jasa sesuai harapan, dan konsumen akan merasa sangat puas jika suatu
produk atau jasa melebihi harapan.
Derajat kepentingan
kepuasan pasca pembelian menunjukkan bahwa penjual harus mengajukan klaim
produk atau jasa yang benar-benar menggambarkan mutu produk atau jasa yang
sebenarnya. Suatu perusahaan dapat dan mengambil langkah-langkah untuk
meminimalkan tingkat ketidakpuasan pasca pembelian dengan memberikan kepuasan
yang lebih tinggi baik dari produk atau jasa maupun pelayanan yang diberikan.
Untuk mendapatkan
kepuasan yang lebih tinggi pada saat konsumen melakukan pembelian terhadap
produk mapun jasa, maka hal ini biasanya terkait dengan faktor-faktor pelayanan
yang mempengaruhi kepuasan konsumen pasca pembelian produk maupun jasa
tersebut. Faktor-faktor pelayanan tersebut yaitu, yaitu seperti: area parkir,ruang tunggu, cukupnya jumlah karyawan yang melayani konsumen dan juga
keandalan karyawan dalam menangani keluhan dan masalah konsumen apabila
konsumen mengalami kesulitan.
Dalam kesempatan ini,
dimanfaatkan oleh suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa hiburan, yaituPT. NAV Karaoke keluarga yang menyediakan pelayanan kepada konsumen, seperti :
penyediaan ruangan yang bersih dan nyaman, dimana di dalamnya terdapat
penyajian lagu-lagu untuk berolah vokal, penyajian berbagai menu makanan dan
minuman, serta dapat juga digunakan sebagai tempat acara pertemuan atau rapat,
atau dapat juga digunakan untuk sekedar bersantai bersama keluarga dengan
berbagai fasilitas yang menunjang seperti peralatan komputer dan sound systemyang canggih, area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih, serta ruang
tunggu yang nyaman, dan di dukung kesopanan dan keramahan karyawan dalam
melayani konsumen apabia konsumen tersebut mengalami kesulitan sehingga akan
memenuhi tuntutan kepuasan konsumen.
Menurut manajemen PT.NAV Karaoke Keluarga, kepuasan konsumen dapat dilihat dari adanya tingkat
penurunan jumlah konsumen yang datang yaitu melalui kartu komentar customer
yang disediakan oleh pihak NAV dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Gambar 1.1.
Kartu komentar konsumen
No
|
Bulan
|
Tahun
|
Total Jumlah pengunjung
|
1
|
Januari
|
2010
|
1920
|
2
|
Februari
|
2010
|
1868
|
3
|
Maret
|
2010
|
1901
|
4
|
April
|
2010
|
1896
|
5
|
Mei
|
2010
|
1870
|
6
|
Juni
|
2010
|
1885
|
Sumber : intern perusahaan, 2010
Hal ini bisa
disebabkan karena pelayanan yang kurang maksimal sehingga mempengaruhi tingkat
kepuasan konsumen. Oleh karena itu manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga perlu
melakukan evaluasi faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan
konsumen, agar manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga dapat memperbaiki tingkat
pelayanan kepada konsumen sehingga konsumen merasakan kepuasan.
Pada
penulisan ini penelitian di khususkan pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar
Kertoajo Surabaya.
Berdasarkan uraian
diatas, maka perlu diadakan kajian tentang pengaruh faktor-faktor pelayanan
seperti: Bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) serta empati (emphaty) dalam memenuhi kepuasan
konsumen. Oleh karena itu, agar tercapai tingkat kepuasan konsumen yang
diharapkan PT. NAV Karaoke Keluarga, maka perlu dilakukan penelitian tentang : ”Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Konsumen PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya ”.
Sebagai salah satu
perusahaan pelayanan konsumen dalam bidang hiburan atau entertainment, karaoke
dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen
pengguna jasa. Berkaitan dengan hal tersebut pihak karaoke akan melakukan suatu
upaya peningkatan kualitas pelayanan melalui penggunaan karyawan yang memiliki
dedikasi dan kompetensi yang tinggi
mengingat sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting
dalam perusahaan jasa pelayanan.
Dengan demikian akan
timbul persaingan yang semakin ketat, baik dalam hal mutu pelayanan hiburan
maupun keunggulan produk yang diberikan, misalnya dengan memberikan berbagai
kemudahan dalam melakukan pemesanan ruangan serta segala fasilitas yang
diberikan untuk konsumen sehingga dapat memberikan rasa puas dan nyaman untuk
berkaraoke. Maka hal utama yang diprioritaskan oleh pihak karaoke tersebut maka
kepuasan pelanggan atau konsumen agar dapat bertahan, dapat bersaing dan
menguasai pangsa pasar. Selaku pimpinan
sebuah perusahaan harus mengetahui hal yang di anggap penting oleh para
konsumen dan berusaha untuk menghasilkan kinerja (performance) sebaik mungkin sehingga dapat memuaskan pelanggan.
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.
Apakah
variabel kualitas pelayanan bukti langsung (tangible),
keandalan (reliabilty), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empaty) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya ?
1.3.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan yang ingin dicapai oleh penulis sehubungan dengan masalah yang telah
dirumuskan diatas, penelitian ini bertujuan :
1.
Untuk mengetahui pengaruh secara simultan
variabel bukti langsung (tangible),
keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empaty) berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya.
2.
Untuk
mengetahui pengaruh secara parsial variabel bukti langsung (tangible), keandalan (reliability),
daya tanggap (responsiveness),jaminan
(assurance), dan empati (empaty) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar
Kertoarjo Surabaya.
1.4. Manfaat penelitian
Dengan penelitian ini, maka
penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk :
3.
Membantu
memberikan penjelasan dan informasi bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat
pelayanan yang berhubungan bukti langsung (tangible),
keandalan (reliability), daya tanggap
(responsive), jaminan (assurance) dan empati (empaty) dalam memenuhi tuntutan
kepuasan konsumen.
4.
Sebagai
bahan pertimbangan bagi manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga dalam meningkatkan
jumlah pengunjung dengan memperhatikan jumlah kualitas pelayanan pada konsumen.
5.
Dengan
diketahuinya faktor-faktoryang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen, dapat dipakai sebagai dasar bagi manajemen PT. NAV Karaoke
Keluarga dalam menentukan strategi dan kebijakan pada masa yang akan datang.
6.
Sebagai
bahan referensi dan informasi bagi peneliti selanjutnya.
1.5.
Sistematika Penulisan Skripsi
Dalam
sistematika penulisan skripsi dibagi 5 bab dan masing-masing bab mempunyai
kaitan satu dengan yang lainnya, adalah sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan
mengenai gambaran umum skripsi ini, berupa latar belakang masalah, perumusan
masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian dan sistematika penulis
skripsi.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Bab
ini menjelaskan tentang landasan teori yang berhubungan dan relevan dengan permasalahan
yang telah diidentifikasikan diatas. Dari bab ini pula kemudian digunakan sebagai dasar untuk menganalisa dan
menyelesaikan permasalahan yang ada.
BAB III : METODE PENELITIAN
Bab ini berisi tentang batasan penelitian, rancangan penelitian yang membahas
mengenai metode penelitian di pakai untuk menganalisa data yang ada sehingga
dapat menjawab permasalaha yang telah di tentukan,
jenis dan sumber data, metode dan teknik analisa keterbatasa penelitian.
BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini berisikan deskritif hasil penelitian tentang gambar umum
perusahaan, analisis hasil penelitian, pengujian hipotesis dan pembahasan.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari analisa terhadap hasil penelitian
serta saran yang dapat diberikan sebagai suatu bahan pertimbangan perusahaan
yang bersangkutan secara tidak langsung.
DAFTAR PUSTAKA
Basu swastha dan Hani handoko, manajemen
pemasaran (analisa prilaku konsumen), edisi pertama, BPFE
Yogyakarta,2000.
Budi
Purwadi, riset pemasaran implementasi dalam bauran pemasaran, Jakarta:
grasindo, 2000.
Lupiyoadi Rambat, manajemen pemasaran jasa,
Jakarta: salemba empat,2001.
Murti Sumarni, Manjemen Pemasaran, Edisi
Revisi, (Yogyakarta: Liberty, 2002).
Philip Khotler, manajemen pemasaran,
diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A.Rusli, Edisi revisi jilid I,
Jakarta: prenhallindo, 1997.
Philip Khotler , marketing manajemen an asian
perspective, diterjemahkan oleh Handoyo Prasetyo dan Hanim, edisi
pertama, Yogyakarta: Andi, 2000.
Philip Khotler, manajemen pemasaran jilid I,
alih bahasa oleh Hendra Teguh, Ronny A.Rusli, dan Benyamin Molan, edisi
millennium, Jakarta: prenhallindo,2002.
Sugiyono, metode penelitian bisnis, Bandung:
Rosdakarya, 1998.
Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, (Jakarata : Rineke
Cipta, 2001), hal. 232).
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2001.
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2002.
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2004.
Tjiptono Fandy, perspektif manajemen dan
pemasaran kontemporal, Yogyakarta: Andi,2000.
Tjiptono Fandy, prinsip-prinsip total quality
service, Yogyakarta: Andi, 1997.
Tjiptono Fandy, strategi pemasaran, Yogyakarta:
Andi, 1997.
0 Response to "SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. NAV KARAOKE KELUARGA MANYAR KERTOARJO SURABAYA)"
Posting Komentar