PENGERTIAN
Ingin versi lengkap dari STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMP ini silahkan Klik Download
Strukturkurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata
pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata
pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan
beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga
merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem
pembelajaran. Pengorganisasian konten
dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah
sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem
pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Strukturkurikulum juga gambaran mengenai
penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan
pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum
menggambarkan ide kurikulum mengenai
posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan
seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi
kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.
STRUKTUR KURIKULUM
SMP/MTs
Beban
belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per
minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Struktur
Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER
MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A
|
||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
|
||||
1.
|
Seni
Budaya (termasuk muatan lokal)*
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan(termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya(termasuk muatan lokal)
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Alokasi Waktu Per Minggu
|
38
|
38
|
38
|
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Ekstra
Kurikuler SMP/MTs antara lain:
-
Pramuka
(Wajib)
-
OSIS
-
UKS
-
PMR
Kelompok
A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek
kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih
menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi
dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan
yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam
melaksanakannya.
IPA
dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrativescience dan integrative socialstudies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai
pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan
belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab
terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS
menekankan pada pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme,
serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan
untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai
keunggulan wilayah nusantara.
BEBAN BELAJAR
Dalam
struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula
32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam
belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan
adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru
memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi
siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang
lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta
didik perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, dan
komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran
dalam menunggu respon peserta didik karena mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam belajar
memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
BAB II
ORGANISASI KOMPETENSI DASAR
DALAM MATA PELAJARAN
Mata
pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk
kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara
mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran
yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi
reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum
SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.
Khusus
untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan,
serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya
dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan
olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
BAB III
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Inti merupakan terjemahan
atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang
telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang
pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke
dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan
psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah,
kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang
seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi
Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi
dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk
organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi
vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke
kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu
akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi
horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan
konten Kompetensi Dasar dari mata
pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama
sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi
Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan
sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan
(kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok
itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap
peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan
sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect
teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi
kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Inti SMP/MTs adalah sebagai
berikut:
KELAS
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang
diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi
yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada
kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut
dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal,
serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten
untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan
berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi
esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten
yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang
diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun
humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti
dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata
pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada
kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Kompetensi Dasar SMP/MTs untuk setiap
mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 10 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn,Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan, serta Prakarya.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Membaca al-Qur’an
dengan tartil.
1.2
Beriman kepada
Allah SWT
1.3
Beriman kepada
malaikat Allah SWT
1.4
Melaksanakan
bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5
Melaksanakan
shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6
Melaksanakan
shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7
Melaksanakan
shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari
pemahaman ketaatan beribadah
|
2.1 Memiliki perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan
QSAl- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2 Memiliki perilaku ikhlas,
sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3 Memiliki perilaku meneladani
perjuangan Nabi Muhammad SAW periode
Mekah dan Madinah
|
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami makna
al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir
3.2
Memahami makna iman kepada malaikat
berdasarkan dalil naqli
3.3
Memahami kandungan QS. Al-
Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut
ilmu.
3.4
Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS.
Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5
Memahami ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6
Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.7
Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.8
Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan
Madinah
3.10
Mengetahui karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Membaca QS. Al- Mujadilah
(58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153,
dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
4.2 Menunjukkan
hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146,
QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan lancar
4.3
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan
sehari-hari
4.4
Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
4.5
Mempraktikkan shalat berjama’ah
4.6
Mempraktikkan shalat Jum’at
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Membaca al-Qur’an
dengan tartil.
1.2
Meyakini Kitab
suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3
Meyakini Nabi
Muhammad saw sebagai nabi akhir zaman
1.4
Melaksanakan
shalat sunnah
1.5
Melaksanakan
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6
Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7
Mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Memiliki perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.2 Memiliki perilaku mengkonsumsi
makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman
QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3 Memiliki perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4 Memiliki perilaku semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5 Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu
pengetahuan dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1
Memahami makna QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan
QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2
Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3
Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4
Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5
Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6
Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7
Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram
berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
3.8
Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2
Menunjukkan hafalanQS. Al
Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan
QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3
Mempraktekkan shalat sunnah
berjamaah dan munfarid
4.4
Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5
Merekonstruksi sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa
Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
|
KELAS
IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1.
Membaca
al-Qur’an dengan tartil
1.2.
Beriman kepada Hari Akhir
1.3.
Beriman kepada
Qadha dan Qadar
1.4.
Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5.
Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai
implementasi dari surat al-Kautsar
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi
dari pemahaman QS Az
Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2. Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam
pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS.
Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3. Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai
implementasi dari
pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.4. Memiliki sikap mawas diri
sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5. Memiliki sikap tawakkal
kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
|
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1. Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran
(3):159tentang optimis, ikhtiar,
dan tawakal dan hadits terkait.
3.2. Memahami QS. Al Hujurat (49):13 tentang toleransi dan
menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3. Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4. Memahami makna iman
kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar
dan makhluk ciptaan Nya
3.5. Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6. Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7. Memahami ketentuan haji dan umroh
|
4.
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Membaca
QS. Az Zumar (39):53,
QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai
dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2. Menunjukkan
hafalan QS. Az Zumar (39):53,
QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3. Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4. Mempraktekkan manasik haji
4.5. Mempraktekkan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqoh di
lingkungan sekitar rumah
4.6. Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7.
Menceritakan sejarah
tradisi Islam Nusantara
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima hanya Allah yang
dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui karya penyelamatan Yesus
Kristus
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Mengembangkan sikap
kepedulian dan solidaritas
2.2
Menerapkan sikap rendah
hati menurut teladan Yesus
2.3
Membangun kebiasaan hidup
disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Firman Tuhan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mengakui bahwa
pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat daripada
kecenderungan manusia untuk merusaknya
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mengekspresikan
nilai-nilai Kristiani melalui komik, cerita bergambar, puisi, atau karya seni
lainnya
4.2
Menceritakan kepada orang
lain tentang pengalaman ditolong (story
telling)
|
KELAS
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima dan menanggapi
makna hidup beriman dan berpengharapan
1.2
Menerima peran Roh Kudus
dalam proses hidup beriman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan sikap setia
kepada Tuhan dan sesama sebagai wujud hidup bersyukur
2.2
Menunjukkan sikap rela
berkorban seperti yang diajarkan Tuhan Yesus
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami dan mampu
menjelaskan makna hidup bersyukur sebagai orang yang beriman
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menerapkan sikap hidup
beriman dan berpengharapan melalui ibadah, doa, dan membaca Alkitab
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima karya Allah dalam
pertumbuhan gereja dan berbagai pergumulannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Memahami dan menunjukkan
sikap toleransi antarumat beragama sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menjelaskan berbagai
bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini
3.2
Menjelaskan bentuk sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mewujudkan sikap-sikap
tanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
4.2
Menerapkan perannya
sebagai anggota gereja dan masyarakat
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKANAGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
YESUS KRISTUS
1.1
Meneladani berbagai sifat
dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Meneladani Yesus Kristus
dalam memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih
baik
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
PRIBADI SISWA
2.1
Menerima diri sebagai
citra Allah yang diciptakan baik adanya
2.2
Mensyukuri diri sebagai
citra Allah yang memiliki kemampuan dan keterbatasan
2.3
Mengembangkan
kesederajatan sebagai laki-laki atau perempuan dalam hidup sehari-hari
2.4
Menghargai seksualitas
sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama yang lebih baik
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
MASYARAKAT
3.1
Menghargai peran keluarga,
sekolah dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya
3.2
Menghargai peran teman
sebaya terhadap perkembangan dirinya
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KELAS
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
YESUS
KRISTUS
1.1
Memahami tugas Yesus Kristus untuk mewartakan
Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan
1.2
Menghayati makna sengsara, wafat dan kebangkitan
Yesus Kristus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai
Kerajaan A llah
1.3
Memahami
pribadi Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia
1.4
Memahami peristiwa panggilan dan perutusan Yesus
Kristus kepada murid-murid-Nya untuk mewartakan Kerajaan Allah
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
GEREJA
2.1 Menghayati peranan Roh Kudus
sebagai daya hidup Gereja
2.2 Memahami makna Gereja sebagai Paguyuban umat beriman
2.3 Melibatkan diri dalam pelbagai bentuk pelayanan Gereja demi
terwujudnya karya penyelamatan Allah
2.4 Mewujudkan Gereja sebagai tanda
dan sarana keselamatan bagi semua orang
2.5 Memahami makna dan konsekuensi sakramen inisiasi dalam hidup
menggereja
2.6 Memahami sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara
manusia dengan Allah dan sesama
2.7 Menyadari konsekuensi sakramen pengurapan orang sakit sebagai wujud
pendampingan Gereja terhadap orang yang menderita sakit
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
GEREJA
1.1
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua
orang yang perlu ditanggapi dengan beriman
dan beragama
1.2
Menerima konsekuensi hidup sebagai umat beriman
kristiani
1.3
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota
jemaat beriman kristiani, untuk mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah
1.4
Memahami pentingnya membangun masa depan
1.5
Menghayati Sakramen Perkawinan dan Sakramen
Tahbisan sebagai panggilan hidup
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
MASYARAKAT
2.1
Mewujudkan peran sebagai orang beriman kristiani
di tengah masyarakat
2.2
Melindungi dan membela hidup manusia secara
bertanggung jawab sebagai wujud penghargaan atas keluhuran martabat manusia
2.3
Berperilaku jujur dan adil dalam kehidupan
sehari-hari sebagai perwujudan
nilai-nilai luhur
2.4
Mengembangkan sikap hormat dan persaudaraan sejati
dengan penganut agama dan kepercayaan
lain
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menerima
konsepsi Avatara, Deva, dan Bhatara dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Menerima
ajaran Karmaphala Tattva
1.3
MenerimaMantram
dan Sloka dalam veda sebagai penyelamat manusia
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki
disiplin dalam menghindari diri dari perilaku Sad Atatayi
2.2
Memiliki
disiplindalam menghindari dari sifat-sifat Sapta Timira
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menjelaskan
konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā
3.2
Mengenal
konsep ketuhanan dalam agama Hindu
3.3
Memahami
yajna yang bersifat Sattvika, Rajasika, dan Tamasika
3.4
Mengelompokkan
Veda dan batang tubuh Veda
3.5
Menerima
Sad Atatayi sebagai perbuatan kejam
yang harus dijauhi
3.6
Menerima
ajaran Sapta Timira penyebab kemabukan yang harus dihindari
3.7
Menyebutkan
nama Rsi pengelompokkan Veda Sruti
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Mengaplikasikan
konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā
4.2
Mendemontrasikan
dampak Karma Baik
4.3
Mempraktikkan
Mantram dan Sloka Veda dalam kehidupan sehari-hari
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menanggapi Tri Guna
sebagai tiga pilar yang mempengaruhi watak / karakter manusia
1.2
Menanggapi Panca Maha
Bhuta sebagai unsur pembentuk tubuhmanusia
1.3
Menyenangi ajaran Nawa
Vidha Bhakti
1.4
Menerima Atma sebagai
pemberi hidup
1.5
Menerima Purana dan
Itihasa sebagai dasar mengenal Veda
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki sikap jujur,
santun, disiplin dan peduli melalui ajaran Nava Vidha Bhakti
2.2
Memiliki sikap
disiplin, santun, dan peduli melalui pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Menjelaskan bagian
–bagian Tri Guna
3.2
Menjelaskan Tri
Doshadalam diri manusia
3.3
Menyebutkan sifat-sifat
Atma
3.4
Menyebutkan Itihasa dan
Purana dalam Veda
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menceritakan lahirnya
Bhisma dalam Mahabharata
4.2
Menceritakan
perkembangan agama Hindu di Asia Selatan
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati ajaran Panca
Yama dan Panca Nyama Bratha
1.2
Menghayatiajaran Nitya
Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam kehidupan
1.3
Menghayati
kemahakuasaan Sang Hyang Widhi melalui ajaran Asta Aiswarya
1.4
Menghayati ajaran
Kepemimpinan dalam agama Hindu
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai perilaku
jujur, bertanggung jawab, dan santun dari Putra yang Suputra
2.2
Menghargaiperilaku
jujur dan tanggungjawab seorang pemimpin
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami ajaran Dasa
Mala
3.2
Menerangkan contoh
konkrit tentang Dasa Mala
3.3
Memahami makna inisiasi
(samskara) dalam jenjang kehidupan manusia
3.4
Menyebutkan
contoh-contoh Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā
3.5
Memahami kitab Itihasa
3.6
Menunjukkan
contoh-contoh Asta Aiswarya
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menalar ajaran Panca
Yama dan Panca Nyama Bratha dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Mengurai Kanda-kanda
dalam Ramayana dan Parwa-parwa Mahabharata dalam ulasan cerita
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati hakikat
ketuhanan agama Buddha
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan empat sifat
luhur dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Mengembangkan perilaku
toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mendeskripsikan formulasi
Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
3.2
Mengidentifikasikan kitab
suci, tempat ibadah, dan lambing-lambang dalam agama Buddha
3.3
Mengidentifikasi kriteria
agama Buddha dan umat Buddha
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Melaksanakan Pncasila
Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Menceritakan peristiwa
tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.3
Menceritakan alas an
Buddha menyiarkan Dharma
4.4
Menceritakan perjalanan
Buddha memutar Roda Dharma
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menerima kisah tentang
kebijaksanaan
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memaknai khotbah pertama
Buddha
2.2
Memiliki sikap hormat dan
peduli terhadap Dharmayatra
2.3
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci
agama Buddha lainnya
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Mendeskripsikan isi
khotbah pertama Buddha
3.2
Menjelaskan tujuan dan
manfaat melaksanakan Dharmayatra
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menceritakan riwayat para
siswa utama Buddha
4.2
Menceritakan para
pendukung Buddha
4.3
Menceritakan sejarah
penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, dan Majapahit
4.4
Menceritakan sejarah
penyiaran agama Buddha pada zaman penjajahan dan kemerdekaan
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati diri sendiri
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki perilaku santun
dan peduli terhadap sahabat sejati
2.2
Menunjukkan kewajiban
timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat
2.3
Mengembangkan perilaku
disiplin dalam melakukan meditasi ketenangan batin
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
Mendeskripsikan peranan
agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia
Mengidentifikasi
kesetaraan gender dalam agama Buddha
Mendeskripsikan peranan
agama Buddha untuk memelihara perdamaian
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
Membiasakan budaya
disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Menceritakan peristiwa
Buddha Parinibbana
Melatih meditasi
ketenangan batin dalam kehidupan
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1
Menyakini ajaran agama
sebagai pembimbing hidup menempuh jalan suci
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghayati nabi Kong Zi
sebagai Mu Duo Tian (Tian Zi Mu Duo)
2.2
Menghayati ayat yang
terdapat dalam kitab Zhong Yong Bab Utama pasal ke-1 dan kitab Da Xue Bab
Utama pasal ke-1 sebagai landasan keimanan
2.3
Menunjukkan semangat
melaksanakan keyakinan sesuai dengan keimanan yang pokok
2.4
Menghayati sikap dan
perilaku hidup sederhana dan suka
mengalah (Qian Rang)
2.5
Menghayati sikap dan
perilaku Hati-hati (Shen Si)
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menjelaskan definisi
agama (Jiao) berdasarkan tinjauan kitab suci agama Khonghucu
3.2
Menjelaskan fungsi dan
tujuan pengajaran agama
3.3
Menjelaskansejarah asal
mula dan perkembangan agama Khonghucu
3.4
Menjelaskan sejarah
asal mula masuknya agama Khonghucu serta perkembangan-nya di Indonesia
3.5
Menjelaskansejarah asal
mula dan perkembangan agama Khonghucu
3.6
Menjelaskan sejarah
asal mula masuknya agama Khonghucu serta perkembangan-nya di Indonesia
3.7
Mengemukakan
nilai-nilai yang berkaitan dengan ke- teladanan nabi Kong Zi dan eksisitensi
umat Khonghucu
3.8
Menjelaskan silsilah keluarga
(nenek moyang) nabi Kong Zi.
3.9
Menceritakan tentang
abad kelahiran nabi Kong Zi
3.10 Mengetahui masa-masa awal kehidupan nabi Nabi Kong Zi
3.11 Menjelaskan pengembaraan Nabi Kong Zi dalam menyebarkan Firman Tian
3.12 Menunjukkan ciri-ciri khusus tempat ibadah umat Khonghucu
3.13 Membedakan antara tempat ibadah kepada Tian, Nabi, dan leluhur
3.14 Mengemukakan nilai-nilai keteladanan nabiKong Zi dan semangat
belajarterdapat dalam lagu yang dinyanyikan
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan keteladanan nabi Kong Zi dan eksistensi umat Khonghucu
4.2
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan keyakinan iman dan perilaku Jun Zi
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menyakini bahwa
benih-benih kebajikan (Xing) dalam diri manusia adalah Firman Tian yang wajib
dilaksanakan oleh manusia
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghayati makna
Delapan Kebajikan (Ba De)
2.2
Menghayati makna Lima
Kebajikan (Wu Chang)
2.3
Menghayati kitab Shi
Shu dan Xiao Jing sebagai sumber tuntunan perilaku hidup
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.1
Menjelaskan arti
kebajikan (De) berdasarkan karakter huruf
3.2
Mengemukakan
nilai-nilai berkaitan dengan kebajikan dan watak sejati manusia
3.3
Menjelaskan arti kata
Jun Zi
3.4
Membedakan manusia Jun
Zi (luhur budi) dan Xiao Ren (rendah budi)
3.5
Menunjukkan
sikap sesuai dengan sembilan hal yang dipikirkan oleh seorang Jun Zi
3.6
Menjelaskan bagian
kitab yang pokok (Si Shu)
3.7
Menjelaskan secara
garis besar bagian kitab Si Shu dan kitab Xiao Jing
3.8
Menjelaskan makna salam
Wei De Dong Tian dan Xian You Ti De
3.9
Menjelaskan tata cara
mengormat dengan merangkapkan tangan (Bai) membungkuk (Ju Gong), dan berlutut
(Gui)
3.10 Menjelaskan tata cara sembahyang kepada leluhur
3.11 Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan perilaku Jun Zi penghormatan
kepada leluhur
3.12 Menjelaskan macam-macam dupa dan fungsinya
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan nilai-nilai kebajikan dan watak sejatimanusia
4.2
Mempraktekkan tata cara
menghormat dengan merangkapkan tangan (Bai) membungkuk (Ju Gong), dan
berlutut (Gui)
4.3
Menyusun perlengkapan
sebahyang pada altar leluhur
4.4
Mempraktekkan
sembahyang sembahyang kepada leluhur
4.5
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan perilaku Jun Zi penghormatan kepada leluhur
4.6
Mempraktekkan cara
menggunakan dupa dalam sembahyang kepada Tian, nabi, dan para leluhur
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Meyakini bahwa hormat
dan patuh kepada orang tua adalah jalan untuk sujud dan taat kepada Tian
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghayati Pembinaan
Diri sebagai kewajiban poko setiap manusia
2.2
Mengamalkan perilaku
bakti (Xiao) kepada Tian, kepada orang tua, dan kepada alam
2.3
Mengemukakan
nilai-nilai berkaitan dengan bakti kepada orang tua dan cinta kepada
lingkungan
2.4
Menunjukan sikap hidup
harmonis sebagai cara menempuh jalan suci di dunia
2.5
Menunjukkan sikap hidup
rukun dan toleran dengan penganut agama lain
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Menyebutkan tahapan dan
proses pembinaan diri
3.2
Menjelaskan arti kata
Xiao berdasarkan karakter huruf
3.3
Menjelaskan tingkatan
Rohaniwan agama Khonghucu
3.4
Menjelaskan tugas dan
kewajibanseorang rohaniwan
3.5
Menjelaskan arti Dao
berdasarkan karakter huruf
3.6
Menjelaskan arti Dao
berdasarkan pemahaman iman
3.7
Mengemuka- kan
nilai-nilai berkaitan dengan upacara Li Yuan umat, dan pemberkatan pernikahan
3.8
Menjelaskan
macam-macam, maksud dan tujuan upacara Li Yuan (pemberkatan)
3.9
Menjelaskan tentang
kebebasan beragama di Indonesia
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan perilaku bakti kepada orang tua dan cinta kepada lingkungan
4.2
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan upacara Li Yuan peneguhan iman, dan pemberkatan pernikahan
4.3
Mempraktekkan upacara
Li Yuan Peneguhan Iman
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak
mulia dalam kehidupan di sekolah dan
masyarakat
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan
oleh para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2
Menunjukan perilaku sesuai norma-norma dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan sikap toleranterhadap
keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2.4
Menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan dalam
memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak
terpisahkan dalam kerangka NKRI
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah dan semangat komitmen
para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
3.2 Memahami sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.3 Memahami isi alinea Pembukaan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
3.5 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7 Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan tulisan singkat tentang “sejarah dan semagat komitmen para
pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2
Menyajikan tulisan singkat tentang sejarah perumusan
dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Membuat kajian isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6
Menampilkan perilaku kebersatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya,
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyajikan karakteristik daerah
tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa kepada
TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan Negara
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti
yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Pancasila sebagai
dasar negara
2.2
Menunjukkan semangatkebangsaan dan kebernegaraan
seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam dalam menetapkan
UUD1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3
Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat
sekitar
2.4
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam
kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada
saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5
Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan
bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
3.2
Menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Mendiskusikan tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
3.4
Membedakan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5
Memahami hak asasi manusia dalam UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
3.6
Mendeskripsikan makna keberagaman dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
3.7
Mendiskusikan unsur-unsur Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menyajikan hubungan fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Melaksanakan kewajiban sesuai
peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Melaksanakan hasil pengamatan tentang norma, dan kebiasaan yang
berlaku dalam masyarakat Indonesia
4.5 Mengamati dan melaksanakan kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6 Mengamati dan melakukan kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Mengamati dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang
utuh
|
0 Response to "STRUKTUR KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)"
Posting Komentar