Modul Pelatihan ini disiapkan untuk
digunakan para Narasumber Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 sesuai dengan
kelas, mata pelajaran dan jenjang pendidikan.
Narasumber yang dimaksudkan adalah Narasumber Nasional, Instruktur
Nasional, Guru Inti, Kepala Sekolah Inti, dan Pengawas Sekolah Inti.
Untuk Lengkapnya MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PKN SMP ini.....
Silahkan Klik DOWNLOAD
Semoga dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru sekalian....
Modul ini memberi panduan bagi para
pengguna mengenai (1) Tahapan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; (2)
Struktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; (3) Panduan Narasumber; (4)
Panduan Penilaian; (5) Bahan/Materi Pelatihan untuk masing-masing Mata
Pelatihan. Bahan/Materi Pelatihan yang dimaksud meliputi hand-out, lembar kerja/worksheet,
bahan tayang baik dalam bentuk slide
power point maupun rekaman video.
Sesuai dengan Kebijakan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia, Badan Pengembangan
Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
(BPSDMPK dan PMP) telah menetapkan jenjang atau tahapan pelatihan, sasaran
pelatihan, dan struktur pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk tahun
kalender 2013.
A. Tujuan Umum Pelatihan
Tujuan Umum Pelatihan Implementasi
Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
1.
Guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan
tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013.
2.
Kepala sekolah mampu mengerahkan sumber daya
yang dimiliki dalam rangka menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.
3.
Pengawas sekolah mampu memberikan bantuan
teknis secara benar kepada sekolah dalam
mengatasi hambatan selama implementasi Kurikulum 2013.
B. Indikator Umum Ketercapaian Tujuan
Hasil monitoring dan evaluasi
implementasi Kurikulum 2013 pada akhir Tahun Ajaran 2013/2014, menunjukkan di
bawah ini.
1. Tujuh
puluh persen (70%) guru kelas I, IV, VII, X mampu melaksanakan tugas sesuai
dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian
Kurikulum 2013.
2. Tujuh
puluh persen (70%) sekolah pelaksana Kurikulum 2013 tidak mengalami hambatan
biaya, sarana, sumber daya manusia, dan kebijakan sekolah dalam mengimplementasikan
kurikulum 2013.
3. Tujuh
puluh persen (70%) sekolah pelaksana Kurikulum 2013 mendapatkan bantuan secara
benar dari pengawas sekolah dan
Kepala Sekolah selama implementasi Kurikulum 2013.
C. Kompetensi Inti Peserta yang Harus
Dicapai
Berdasarkan
Indikator Ketercapaian Tujuan, maka berikut ini kompetensi inti yang harus
dicapai peserta setelah mengikuti pelatihan.
1.
Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima
Kurikulum 2013.
2.
Memiliki keinginan yang kuat untuk
mengimplementasikan Kurikulum 2013.
3. Memiliki
pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (rasional, elemen perubahan,
SKL, KI dan KD, serta strategi implementasi).
4. Memiliki
keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan
(SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
5. Memiliki
keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada
Kurikulum 2013.
6.
Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan
pendekatan Scientific secara benar.
7.
Memiliki keterampilan mengajar dengan
menerapkan model pembelajaran Problem
Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
8.
Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian
autentik dengan benar.
9.
Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan
tulis dengan runtut, benar, dan santun.
D. Hasil Kerja Peserta Selama Pelatihan
Setelah selesai
mengikuti pelatihan, guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mampu
mewujudkan hasil kerja secara kolektif sebagai berikut
1.
Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata
pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
2.
Analisis buku siswa dan buku guru untuk jenjang
dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
3.
Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran
sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
4.
Contoh instrumen penilaian untuk jenjang dan
mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama 1 semester.
E. Tahapan, Narasumber, dan Peserta
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Sasaran akhir dari pelatihan ini adalah guru, kepala sekolah
dan pengawas. Mengingat jumlah sasaran
akhir pelatihan sangat besar dan sebaran sasaran akhir pelatihan sangat luas,
A. Penilaian
Seusai pelatihan,
panitia pelatihan akan mengumumkan hasil penilaian peserta. Penilaian meliputi tiga ranah yaitu:
1.
sikap
2.
pengetahuan, dan
3.
keterampilan
Penilaian autentik
diterapkan di dalam pelatihan ini.
Metode penilaian yang diterapkan di dalam penilaian ini meliputi:
1.
tes awal
2.
tes akhir
3.
portofolio, dan
4.
pengamatan.
Setiap calon
instruktur nasional, guru inti, kepala sekolah inti, dan pengawas inti
dinyatakan lulus apabila mencapai nilai 75 dan memiliki kewenangan untuk
melatih.
B. Panduan Narasumber dan Fasilitator
Narasumber memainkan peran yang sangat penting untuk
menjadikan suatu pelatihan yang menarik dan menyenangkan. Jumlah narasumber
yang akan bertugas sebanyak 3 (tiga) orang selama proses pelatihan. Narasumber
membagi tugas secara bersama-sama dengan prinsip keadilan. Ketika seorang
narasumber bertugas memberikan materi pelatihan, maka narasumber lainnya
berperan sebagai fasilitator yang membantu dalam menyiapkan perangkat
pelatihan, memberikan penjelasan tambahan, dan melakukan penilaian kepada
peserta.
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh
seorang narasumber adalah berikut ini.
1.
Memahami isi modul sesuai bidang yang
ditugaskan.
2.
Melaksanakan pelatihan sesuai dengan modul dan
mematuhi urutan dalam skenario pelatihan yang telah disusun.
3.
Memberikan contoh panutan bagi peserta, baik
dalam hal disiplin, berperilaku, cara memberikan pertanyaan, cara memberikan
umpan balik, memberikan motivasi, maupun penguasaan materi pelatihan.
4.
Memanggil nama peserta untuk mengurangi
ketegangan.
5.
Mengurangi penjelasan definisi, menjawab
pertanyaan, dan memberikan konfirmasi, tetapi wajib melibatkan peserta secara
aktif dalam mencari, menggali data, menganalisis alternatif temuan, memecahkan
masalah, mengambil keputusan atau simpulan.
6.
Memotivasi peserta untuk mengambil kesimpulan
sendiri, menanyakan argumentasinya mengapa peserta mengambil simpulan itu,
menguatkan dan menekankan simpulan itu.
7.
Memberikan kesempatan yang sama kepada semua
peserta baik laki-laki maupun perempuanyang memiliki keterbatasan berbicara,
yang minoritas, yang pendiam, yang tua, dan sebagainya.
8.
Mengaktifkan peserta untuk menjawab pertanyaan
peserta lain.
9.
Menghindari hal-hal berikut ini.
a.
Menjawab
pertanyaan yang tidak dipahami maksudnya.
b.
Menjawab
pertanyaan yang tidak diketahui jawabnya.
c.
Menjawab
pertanyaan yang tidak perlu dijawab.
d.
Terpancing dalam perdebatan dengan peserta yang
dapat mengakibatkan habisnya waktu.
e.
Berperan sebagai orang yang serba tahu.
10. Mengajukan
pertanyaan yang dapat dijawab peserta sesering mungkin (jangan pertanyaan yang
sulit dijawab atau terlalu mudah dijawab peserta).
Tugas Narasumber yang Berperan
sebagai Fasilitator
1.
Menyiapkan alat, sumber, dan media belajar yang
diperlukan.
2.
Membagi bahan pelatihan kepada peserta sesuai
haknya.
3.
Melaksanakan penilaian terdiri atas: tes awal,
tes akhir, dan penilaian proses, yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
4.
Mencatat kehadiran peserta sebagai bagian dari
bahan penilaian.
5.
Menyerahkan laporan tertulis setiap selesai
melakukan pelatihan.
C. Kode Etik Narasumber
Setiap
fasilitator pelatihan wajib menyetujui dan menerapkan kode etik berikut ini.
1.
Menghormati kebijakan pemerintah dalam hal ini
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan implementasi Kurikulum
2013.
2.
Mengacu pada prinsip-prinsip andragogi dalam bersikap dan berperilaku.
3.
Menjaga kerahasiaan semua alat penilaian yang
akan digunakan.
4.
Memberlakukan peserta secara adil dan tidak
diskriminatif.
5.
Melakukan penilaian secara objektif.
D.
Panduan Penggunaan Materi Pelatihan Kurikulum 2013
Jenis bahan
dan lembar kerja untuk masing-masing materi pelatihan dapat dilihat berikut
ini. Beberapa dokumen pelatihan digunakan sebagai acuan untuk beberapa materi
pelatihan sebagaimana tercermin dalam pengkodean bahan pelatihan.
Untuk Lengkapnya MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PKN SMP ini.....
Silahkan Klik DOWNLOAD
Semoga dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru sekalian....
0 Response to "DOWNLOAD MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PKN SMP"
Posting Komentar