Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua,,,,,,,,,,,,,, RPL atau Rekognisi pembelajaran lampau adalah proses pengakuan
atas capaian pembelajaran seseorang yang dilakukan secara otodidak dari
pengalaman hidupnya, pendidikan nonformal, atau pendidikan informal ke dalam
sektor pendidikan formal. seperti pernah dikatakan ini juga akan masuk pada
Pendidikan Profesi Guru PPGJ/PPG, Pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang
yang diperoleh dari pengalaman kerja, pendidikan nonformal, atau pendidikan
informal ke dalam sektor pendidikan formal dilakukan melalui mekanisme
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
Adapun komponen
deskripsi diri RPL yaitu :
Pengembangan kualitas
pembelajaran meliputi : Usaha kreatif, Dampak instruksional, Kedisiplinan, dan
Keterbukaan terhadap saran dan kritik
Pengembangan institusi
sekolah yaitu : Penyusunan EDS, Keterlibatan dalam RKAS, dan Kegiatan ekstra
kurikulum
Pengembangan
kegiatan kesiswaan berupa : Peran guru terhadap kegiatan kesiswaan, Interaksi
dengan siswa, dan Manfaat kegiatan
Salah contoh uraian
deskripsi diri untuk aspek pengembangan kualitas pembelajaran akan diuraikan
seperti berikut :
Pengembangan Kualitas
Pembelajaran RPL
Aspek ini menguraikan
contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang dilakukan oleh guru
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang disertai dengan uraian dampak
instruksional, kedisiplinan, dan keterbukaan terhadap saran dan kritik kepala
sekolah dan teman sejawat.
Contoh Deskripsi Diri
Sertifikasi Guru Dalam RPL
Contoh Deskripsi Diri Rekognisi
Pembelajaran Lampau
Deskripsi:
Usaha
kreatif:
Menyadari bahwa untuk
pengembangan kualitas pembelajaran merupakan tujuan yang menjadi keharusan bagi
pendidik, proses belajar mengajar yang saat ini dilaksanakan masih terbatas
pada metode tutorial ceramah dan penyampaian materi secara dua arah, dimana
fasilitas yang digunakan terbatas hanya pada LCD/Proyektor. Sangat dirasakan,
bahwa proses belajar mengajar bukan hanya sekedar transfer knowledge tetapi
bagaimana tercipta atmosfir akademik yang kondusif. Hasilnya minat dan gairah
siswa begitu rendah, sebagai akibat kurang variatif dan kurang menariknya
penyampaian. Evaluasi bagi diri saya sangat penting, bagaimana siswa akan
merasa senang apabila penyampaian dan materi pelajaran disampaikan secara
menarik dan variatif, seiring perkembangan teknologi informasi maka saya
menerapkan suatu proses pembelajaran dengan mendesain penyampaian materi tidak
hanya tutorial, melainkan melalui problem solving dan diskusi. Penyampaian
materi pelajaran diselingi dengan menggunakan media visual, sehingga akan
menarik dengan menampilkan ilustrasi dari kasus yang relevan dengan materi
pelajaran. Kepada rekan-rekan Guru mencoba berbagi cerita untuk berbagai tugas
sebagai pendidik diarahkan pada bagaimana pemanfaatan Tik dan internet,
sehingga guru lebih mengenal dan menguasai teknologi. Sementara menyangkut
kompetensi diri, saya selalu mengupdate dengan ikut serta pada program
pengembangan keterampilan dasar teknik instruksional (PEKERTI), termasuk
memanfaatkan belajar mandiri melalui media internet.
Dampak Instruksional :
dampak instruksionalnya
dalam hal
(1) meningkatkan
keterampilan proses ilmiah;
(2) mengembangkan
strategi untuk kegiatan inkuiri yang kreatif.
Dampak penyertanya
ialah dalam hal (a)memupuk semangat kreatifitas; (b) menumbuhkan kesadaran
belajar secara mandiri;
(3) membiasakan toleran
terhadap ambiguitas;
(4) menanamkan
kesadaran terhadap hakikat kesementaraan ilmu pengetahuan.
Kedisiplinan:
Saya selalu
mengutamakan komitmen dalam menerima penugasan baik sebagai Guru maupun dalam
Fungsional. Sebagai Guru di Kabupaten Tabalong dalam mengajar saya berusaha
selalu memberikan materi-materi mudah diterima dan dimengerti siswa, hal ini
diwujudkan dengan berusaha menguasai materi pelajaran dan berinovasi. Proses
pembelajaran yang saya lakukan selalu mengacu aturan, dimana siswa harus datang
tepat waktu, dan berusaha untuk mengupgrade diri pribadi. Sementara dalam
pekerjaan, karena sebagai fungsional, saya selalu menyelesaikan tugas-tugas
berdasarkan program kerja yang saya buat dan digariskan oleh Sekolah dan Dinas
Pendidikan. Dalam menjalankan dan membuat keputusan selalu didasarkan pada
ketentuan-ketentuan yang berlaku. Sebagai
contoh, saya banyak melakukan
perubahan-perubahan pada saat menjabat Ketua Kelompok Kerja Guru, dimulai
dengan merubah pola pertemuan yang cenderung ceramah ditambahkan dengan praktek
penggunaan TIK, Pro dan kontra dari Guru terhadap diri saya sangat besar,
banyak Guru yang tidak menguasai teknologi kesulitan, yang pada akhirnya
menganggap saya terlalu terburu-buru. Namun, dengan penjelasan dan manfaat apa
yang saya lakukan, akhirnya mereka dapat menerima.
Keterbukaan terhadap saran dan kritik kepala sekolah dan teman sejawat:
Pada dasarnya mengukur
karakter pribadi bukanlah hal yang mudah, bagi saya sendiri segala sesuatu yang
terjadi pada suatu kondisi berupaya untuk selalu tenang dalam menghadapi suatu
persolan, walaupun terkadang apa yang terjadi membuat kecewa dan kesal. Namun,
ketika saya menjadi Ketua KKG, kemudian berinteraksi dengan teman sejawat,
beberapa Guru memberikan komentar bahwa saya cenderung dapat mengendalikan diri
pada situasi dan kondisi yang dihadapi, disamping sikap yang sabar dan rasional
dalam menentukan dan merencanakan sesuatu, walaupun terkadang ekspresi perasaan
tercermin pada saat saya kesal.
Pengembangan institusi
sekolah dan pengembangan kegiatan kesiswaan, mengikuti format diatas. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun deskripsi diri dengan memperhatikan
hal-hal yang pernah dilakukan selama mengajar dalam mengembangkan sekolah.
Itu hanya merupakan
sedikit contoh dalam pembuatan RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau
pada Pengembangan kualitas pembelajaran selanjutnya mari rekan-rekan guru
mendeskripsikan apa yang telah dilakukan bagi kemajuan pendidikan
(Sumber : kkgjaro.blogspot.com )
Demikian berita dan informasi yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, sekian dan terima kasih atas kunjungannya..............................
0 Response to "INI DIA CONTOH DESKRIPSI DIRI SERTIFIKASI GURU DALAM RPL"
Posting Komentar