BAB I
PENDAHULUAN
Pepatah
mengatakan tak kenal maka tak sayang yang berarti besarnya bahwa untuk
menyayangi sesuatu kita harus mengenalinya ter lebih dahulu. Demikian pula
dengan ilmu ekonomi harus mengenalnya terlebih dahulu, apa sebenarnya ilmu
ekonomi itu?
Ilmu ekonomi
adalah
Sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan bahwa ilmu ekonomi sangat
berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Demikian ilmu
pengatahuan menempatkan kedudukannya sejajar dengan ilmu lain. Jadi tidak heran apabila suatu saat
berhasil ditemukan metode-metode baru dan teknologi baru. Karena iptek masih
akan harus berkembang dan di kembangkan.
1.1 Latar
Belakang
Makalah ekonomi ini penulis susun berdasarkan buku pegangan ekonomi
Yang bermanfaat bagi manusia
seperti penawaran barang.
Penawaran barang merupakan
suatu hal yang positif yang ada didalam kehidupan sehari-hari, untuk itu setiap
orang tentu mengenal apa itu penawaran barang. Semoga dengan diuraikannya
keterangan pada pembaca dan dapat memahami lebih dalam.
1.2 Permasalahan
Makalah
Adanya Hukum Penawaran
Dari segi penawaran
hasil menunjukkan bahwa antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan
mempunyai hubungan yang erat. Hubungan tersebut akhirnya dirumuskan menjadi
hukum penawaran yang berbunyi
“Perubahan harga mempunyai
pengaruh yang sejalan dengan perubahan penawaran”
1
Maksudnya waktu harga barang naik, penawaran ikut naik,
apabila harga barang
turun, penawarn ikut turun,
1.3 Tujuan
Penulis mempunyai tujuan dalam
makalah ekonomi yaitu agar para pembaca dapat mengatahui latar belakang proses
penawaran barang dan cara-caranya.
2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penawaran
Barang
Penawaran barang adalah jumlah
barang atau jasa tertentu yang akan dijual pada waktu dan tingkat harga
tertentu. Jumlah tersebut merupakan gabungan penawaran barang tertentu dari
seluruh produsen yang terdapat di daerah tertentu.
2.2 Jenis Penawaran
a. Penawaran Individu.
Penawaran Individu adalah penawaran yang dilakukan oleh
suatu barang produsen atau penjual.
b. Penawaran Pasar.
Penawaran Pasar adalah penjumlahan penawaran individu.
2.3 Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Penawaran.
a.
Harga barang atau jasa.
b.
Harga input atau biaya
produksi.
Harga input turut mempengaruhi kuantitas yang
ditawarkan. Ketika tenaga kerja, modal,
bahan baku, dan
bahan pembantu naik. Produsen akan terdorong akan mengurangi kuantitas yang ditawarkan karena menanggung biaya yang
lebih besar.
c. Teknologi
Produksi
Teknologi produksi yang digunakan ikut mempengaruhi
kuantitas yang ditawarkan sehingga mempengaruhi penawaran.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Penawaran barang sejumlah
barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan
dalam waktu tertentu, misalnya per hari, perbulan, dan pertahun, maka dari itu
penulis menyimpulkan bahwa barang yang ditawarkan bisa berbeda dengan jumlah
yang benar-benar dijual.
3.2 Saran
Demikianlah makalah ini saya
susun dengan baik. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Penulis menyadari
makalah ini masih banyak kekurangan, maka penulis mengharapkan saran dan kritik
yang bersifat membangun untuk menyempurnakan makalah ini.
4
DAFTAR PUSTAKA
Dra. Hj. Sukwiati, Drs. H. Sudirman Jamal, Drs Slamet Sukamto. Ekonomi SMA kelas X Edisi Pertama Cetakan
Kedua November 2007
0 Response to "CONTOH MAKALAH EKONOMI DENGAN JUDUL PENAWARAN BARANG"
Posting Komentar