DOWNLOAD MAKALAH IPA DAMPAK TEKNOLOGI IPA TERHADAP KEBUTUHAN POKOK dan PENCAPAIAN KEMAKMURAN dan PERLUASAAN KEMUDAHAN



1.1 Latar BelakanG

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu.

                                         
                                                                  

1.2 Rumusan Masalah


Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah :

1.2.1   Sebutkan dampak terhadap pencapaian kemakmuran dan kemudahan hidup masyarakat ?


1.2.2   Sebutkan dampak terhadap pendayagunaan SDA Hayati dan Non Hayati dan dampak terhadap transportasi dan komunikasi ?


1.2.3   Sebutkan dampak pembangunan terhadap lingkungan ?


1.2.4   jelaskan usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup dengan perkembangan IPA dan teknologi ?


1.3 Tujuan Penulisan


Tujuan yang dibahas dalam makalah ini adalah :

1.3.1   Untuk mengetahui dampak terhadap pencapaian kemakmuran dan kemudahan hidup masyarakat.


1.3.2   Untuk mengetahui dampak terhadap pendayagunaan SDA Hayati dan Non Hayati dan dampak terhadap tranportasi dan komunikasi.


1.3.3   Untuk mengetahui dampak pembangunan terhadap lingkungan.


1.3.4   Untuk mengetahui usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup dengan perkembangan IPA dan teknologi.



 
                                                     

BAB II


PEMBAHASAN

2.1 Dampak Terhadap Pencapaian Kemakmuran dan Kemudahan Hidup Masyarakat.

Perkembangan ilmu pengetahuan akan membawa manusia ke arah pencapaian kemakmuran dan kemudahan di segala bidang. Misalkan perkembangan pada teknik kimia yang mempengaruhi proses produksi dan bahan mentah. Bahkan bahan buangan yang tidak terpakai pun diolah menjadi bahan lain yang nilainya lebuh tinggi. Kemajuan teknologi juga demikian. Misalkan perkembangan teknologi di bidang pengairan, pembangunan jalan, pelistrikan yang akan memudahkan hubungan dagang antar masyarakat desa dengan masyarakat kota.

 2. Dampak Negatif
a. Banyaknya pabrik sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan yang    disadari atau tidak.
 b. Kemajuan bidang nuklir banyak dimanfaatkan untuk membuat senjata nuklir.
 c. Kemajuan tersebut akan menimbulkan banyak penyakit akibat pola makan yang salah.

                                                                         
2.2  Dampak Terhadap Pendayagunaan SDA Hayati dan Non Hayati
1. Dampak Positif
 Dengan adanya sumber daya alam hayati dan non hayati akan memudahkan manusia, ditambahdengan kemajuan teknologi saat ini. Semua sumber daya alam dapat dimanfaatkan manusia. Sumber daya alam hayati misalnya tumbuh – tumbuhan dan hewan – hewan baik darat maupun laut. Sumber daya alam non hayati misalnya batu bara, minyak bumi, air, bahkan radioaktif.
2. Dampak Negatif
a.Limbah – limbah pabrik industry akan mencemari lingkungan baik yang padat, cair maupun gas.
b.      Zat – zat yang terkandung dalam makanan dapat juga menimbulkan penyakit.
c.Penggunaan pestisida yang tidak beraturan akan meninggalkan residu pada hasil tanaman yang dipanen.
Dampak Terhadap Transportasi dan Komunikasi
1. Dampak Positif
Kemajuan IPA dan teknologi sangat besar kaitannya dengan transportasi dan komunikasi. Dengan adanya kemajuan itu akan memudahkan manusia untuk melakukan perjalanan, baik melalui darat, laut maupun udara. Begitu juga dengan komunikasi, dengan adanya kemajuan IPA dan teknologi yang menciptakan alat – alat komunikasi yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka langsung.

                                                                           4
 2. Dampak Negatif
 a. Banyaknya kendaraan yang berbahan bakar karbon akan menyebabkan peningkatan kadar karbondioksida pada konsentrasi yang membahayakan.
 b. Adanya pesawat berkecepatan tinggi yang menimbulkan kebisingan suara yang mengganggu pendengaran manusia.
 c. Kebocoran tangki minyak di lautan akan menganggu kehidupan makhluk laut.
 d. Kemudahan melihat televise akan mempengaruhi pergaulan remaja.
2.3  Dampak Pembangunan Terhadap Lingkungan.
Masalah lingkungan hidup ada yang berdampak langsung mempengaruhi kesejahteraan masyarakat (polusi, keracunan) dan ada yang tidak langsung mempengaruhi kesejahteraan masyarakat (kerusakan ekosistem alam, akselerasi proses erosi akibat eksploitasi)
 1. Lingkungan
Lingkungan hidup atau lingkungan akan mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk lainnya.
 2. Dampak Pembangunan
Sasaran pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak positifnya adalah manfaat dari pembangunan itu. Sedangkan dampak negatifnya adalah akan menurunkan kualitas lingkungan apabila faktor pelestarian lingkungan diabaikan.

                                                                        
 3. Penurunan Kualitas Lingkungan
            Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mengakibatkan eksploitasi sumber daya yang berlebihan yang akan mengarah pada pemborosan. Dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan hidup telah menimbulkan berbagai masalah, antara lain :
 a. Mutasi Gen
Hal ini akan berdampak menurunkan daya tahan tubuh generasi muda yang diperolehnya secara alami.
 b. Dampak Rumah Kaca
 Kenaikan gas rumah kaca dapat juga disebabkan oleh pembalakan hutan. Akibatnyaadalah kenaikan suhu atmosfer bumi dan perubahan iklim pada umumnya.
 c. Hujan Asam
            Penggunaan bahan bakar fosil dan membuang limbah gas, melepaskan SO2, No dan CO2 yang dengan uap air akan bereaksi membentuk asam – asam yang kemudian turun bersama – sama dengan air hujan, sehingga air hujan mengandung asam berturut – turut asam sulfat, asam nitrat dan asam karbonat, hal itulah yang disebut hujan asam. Hujan asam akan mempengaruhi kehidupan hewan – hewan laut dan kesehatan manusia.

                                                                          
 d. Lubang Lapisan Ozon
            Lubang ozon ini terdapat di atas Antariksa dan Kutub Utara. Melalui lubang – lubang lapisan ozon ini sinar ultra violet akan menembus sampai ke bumi. Apabila terjadi penyerapan sinar ultra violet oleh kulit akan terjadi kanker kulit, kerusakan mata (katarak), serta akan terjadi gangguan pada rantai makanan baik darat maupun laut.
 e. Pencemaran Air
            Pembangunan yang tanpa memperhatikan aspek lingkungan akan menimbulkan permasalahan lingkungan. Pencemaran air ditandai warna air yang menjadi coklat atau hitam dan sering bau busuk. Hal ini disebabkan berbagai air limbah industry saat ini belum diolah secara baik dan dibuang langsung ke sungai yang pada gilirannya akan mencemari air tanah juga.

2.4      Usaha untuk Mendapatkan Kemudahan Hidup dengan Perkembangan IPA dan Teknologi.

1.      Dengan teknik modern org dapat mengendalikan aliran sungai, dengan memuat
 bendungan, saluran primair dan saluran sekunder. Dari pengaturan air tersebut petani mendapatkan kemudahan dalam memperoleh air. Selain itu bendungan dapat dimanfaatkan untuk pembangkitan listrik.
2.      Dengan adanya kalkulator mempermudah menghitung, adanya mesin cuci,kompor gas/listrik, kulkas, dan alat rumah tangga elektronik mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan tugasnya.
3.      Bermacam-macam alat transportasi dan komunikasi mempermudah berbagai bidang kegiatan.


                                                                       

2.5 Dampak terhadap Sumber Daya Manusia

A.Damapak Positif
·        Perkembangan IPA dan Teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, dimana sumber daya manusia dapat berperan,baik tenaga maupun pikiran.
·        Perkembangan IPA dan Teknologi dapat menaikan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia). Keterampilan dan kecerdasan manusia perkembangannya sangat dipengaruhi oleh banyak hal.
B.Dampak Negatif
·        Minsalnya banyaknya pekerjaan yang mula-mula menjadi tugas manusia dapat diganti oleh mesin.
·        Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat menikmati segalanya dengan lebih enak, mudah uniform mekanisme (diatur computer,mesin) serta rasional.
·        Teknologi dapat mematikan imajinasi manusia.
·        Teknologi melalui masyarakat yang sudah diperes merusak pemikiran manusia.
Pengembangan teknologi yang mengatur perilaku manusia mengakibatakan munculnya masalah-masalah etis sebagai berikut:



                                                                           8
1.      Penemuan teknologi yang mengatur perilaku ini menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan syaraf otak melalui :
1)     Spychorusurgerys infuse
2)     Bahan kimiawi
3)     Obat bius tertentu
4)     ESB (elekctrical Stimulatoin of the Brain)
5)     Shock listrik tertentu.
2.      Pemahaman “njimet” tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis, untung lebih banyak menyebabkan penggunaan media (radio,televise) untuk mengatur kelakuan manusia.
3.      Behavior control memunculkan masalh etis bila kelakuan seseorang dikontrol oleh teknologi dan buakn oleh manusia.
                                                                          
                                                                               

                                                                    

BAB III


PENUTUP

KESIMPULAN

Ilmu Pengetahuan dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia.  Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan kita tentang IPTEK serta perkembangannya dari waktu ke waktu, lebih jauhnya penyusun berharap dengan memahami IPTEK kita semua dapat menyikapi segala kemajuan dan perkembangannya sehingga dapat berdampak positif bagi kehidupan kita semua.

SARAN

Penulis berharap dengan terbitnya karya tulis ini sekiranya dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembacanya. Dan penulispun juga berharap,agar kita semua bisa menjadi penerus bangsa yang bias membanggakan Indonesia.

                                                                 




                                                                

DAFTAR PUSTAKA

Ria,neng.2009.” Dampak Teknologi IPA Terhadap Kebutuhan Pokok dan Pencapaian Kemakmuran dan Perluasan Kemudahan”.Http//:www. Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia.htm.diakses tanggal 2 Oktober 2011.
Febliza, Asyti.2011.Modul IAD, Dampak Perkembangan IPA dan Teknologi Kehidupan Manusia. Pekanbaru.
Indudt.2010.”Dampak Perkembangan IPA dan Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok”.Http//:www. Dampak Perkembangan IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia.htm.diakses tanggal 2 oktober 2011.
Selasa,12 Juli 2011”Dampak Perkembangan IPA dan Teknologi Terhadap Sumber Daya Manusia” Http//.www. Dampak Perkembangan IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial.htm. diakses tanggal 24 september 2011

0 Response to "DOWNLOAD MAKALAH IPA DAMPAK TEKNOLOGI IPA TERHADAP KEBUTUHAN POKOK dan PENCAPAIAN KEMAKMURAN dan PERLUASAAN KEMUDAHAN"

Posting Komentar

wdcfawqafwef

BACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.